Senin, 06 Juni 2016

Cara Mencegah Bau Mulut Dan Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa

Selain berusaha mengatasi bau mulut saat puasa, kesehatan mulut juga wajib dijaga ketika bulan Ramadhan. Mulut yang sehat akan sangat mendukung kelancaran berpuasa tanpa gangguan di area mulut. Sebab masalah seperti sariawan, bau mulut, radang tenggorokan atau masalah lainnya sudah sangat umum terjadi ketika kita berpuasa.



Cara menjaga kesehatan mulut saat puasa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengatasi mulut. Namun menjaga kesehatan mulut berarti penanganan secara keseluruhan, bukan hanya sekedar mengatasi bau yang terjadi pada mulut. Karena itu, Anda wajib tau agar bisa berpuasa dengan kondisi mulut yang sehat tanpa gangguan.

Menjaga kesehatan mulut ketika berpuasa

Teratur menyikat gigi
Menyikat gigi selama puasa bisa dilakukan setelah sahur dan menjelang tidur pada malam hari. Usahakanlah untuk selalu membersihkan mulut dan gigi pada dua waktu tersebut. Selain bisa mengatasi bau mulut yang kerap terjadi karena puasa, cara ini juga efektif membuat mulut terjaga kesehatannya. Menyikat gigi bermanfaat untuk menghilangkan plak, mencegah sariawan dan menghilangkan bakteri penyebab masalah mulut lainnya.

Membersihkan lidah
Lidah juga bisa menjadi tempat berkumpul bakteri. Jika kita menyikat gigi tanpa membersihkan lidah, maka bakteri hanya berpindah dari gigi ke lidah. Oleh karena itu kebersihan lidah juga patut diperhatikan. Menjaga lidah tetap bersih bisa dilakukan dengan sikat lidah atau pembersih lidah. Pembersih lidah ini memang dirancang khusus untuk lidah guna membersihkan kotoran dan bakteri. Pembersih lidah merupakan alat yang penting digunakan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut terlebih saat puasa bulan Ramadhan.

Jangan merokok
Anda benar-benar harus menghindari rokok jika ingin kesehatan mulut tetap baik. Selain bisa memicu masalah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, rokok juga tidak ada manfaatnya untuk Anda hisap. Rokok bisa menyebabkan noda gigi dan memicu kanker mulut.

Gunakan obat kumur
Cara menjaga kesehatan mulut saat puasa juga boleh menggunakan obat kumur jika diperlukan. Ini memang tidak wajib, tapi jika Anda punya masalah mulut dengan kesehatan mulut tak ada salahnya mencoba obat kumur. Penggunaan obat kumur bisa mencegah bakteri berkembang yang menyebabkan plak dan karang gigi.

Anda bisa mencoba cara menjaga mulut agar tetap sehat seperti di atas. Kesehatan mulut sangat penting untuk menunjang kelancaran berpuasa pada bulan Ramadhan.

Sumber : manfaatpuasa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar