Jumat, 03 Juni 2016

Ramadhan Itu Bulan Al-Qur'an Bukan Bulan Makanan, Bantu Share ya

Al-Hamdulillah, Ikhwani Fillah! Madrasah Ramadhan adalah madrasah tahunan. Yakni datang kepada kita setahun sekali. Kita mengkaji di dalamnya bagaimana Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan para sahabatnya, serta keluarga-keluarga suci beliau, bagaimana mereka beramal di bulan Ramadhan, di madrasah nabawiyah yang penuh berkah? Agar kita melihat, apakah rumah-rumah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, apakah mereka memberi perhatian lebih kepada makanan?


Kita tidak pernah mendengar dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau memberi perhatian lebih kepada makanan satu kalipun. Apa yang sampai ke beliau maka beliau memakannya.

Terdapat keterangan dari beliau di madarasah Ramadhan ini, beliau berbuka dengan beberapa butir ruthob (kurma basah), 3 butir dan terkadang 5 butir. Jika tidak ada ruthob, beliau berbuka dengan beberapa butir kurma kering. Jika tidak ada kurma, beliau berbuka dengan sedikit susu. Jika tidak ada susu maka beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam  berbuka dengan air.

Kenapa kita tidak perhatian sebagaimana perhatiannya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan keluarganya?

Bulan ini adalah bulan menuntut kita bersungguh-sungguh menjalankan agama dengan membaca Al-Qur'an. Karena Ramadhan adalah syahrul Qur’an. Kenikmatan Al-Qur'an di Ramadhan tidak ada tandingannya. Bulan yang mengenyangkan ruh. Tilawah Al-Qur'an di Ramadhan, buat muslim sangat kuat mengerjakannya di Ramadhan.

Tetapi apa yang diinginkan ahlu syahwat dari kita? Mereka menawarkan kepada kita macam-macam makanan, minuman, tawaran-tawaran menarik sebelum Ramadhan supaya kita membelinya dan melengkapinya supaya kita berbuka dengannya di Ramadhan.

Wahai kaum muslimin, Apakah hidangan mengambil kedudukan ini? Di mana Hak Allah ‘Azza wa Jalla dari Ramadhan?
Bagaimana kita memberikan hak kepada hidangan, tapi kita tidak memberikan haknya Allah? tidak memberikan haknya Al-Qur'an? tidak memberikan haknya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dengan ittiba’?

Sumber : voa-islam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar