Selasa, 07 Juni 2016

Resep Kolak Pisang Enak Dan Lezat Untuk Berbuka Puasa

Kolak pisang merupakan sajian yang banyak digemari ketika berbuka pada bulan Ramadhan. Bulan puasa juga banyak sekali pedagang yang berjualan kolak, selain bisa menambah pemasukan kolak pisang merupakan sajian yang sangat pas untuk disantap ketika berbuka. Mungkin Anda yang menyukai kolak juga biasa berburu makanan ini saat menjelang waktu berbuka. Selain nikmat disajikan saat hangat, kolak pisang juga bisa disajikan dingin menjadi es kolak pisang. Tentu begitu menggugah selera saat berbuka setelah seharian berpuasa.


Kolak merupakan makanan manis yang mudah dicerna jika disajikan saat berbuka. Selain itu, makanan ini juga akan cepat mengembalikan energi setelah berpuasa sehari penuh. Belum lagi nutrisi dari buah pisang yang sangat baik untuk tubuh, tentu akan menjadikan makanan ini selain nikmat juga sehat.
resep kolak pisang untuk buka puasa
kolak pisang

Nah dari pada Anda selalu membeli kolak pisang setiap berbuka, tak ada salahnya untuk mencoba membuat kolak sendiri. Dengan resep sederhana yang mudah dipraktekkan, Anda bisa memasak pisang menjadi kolak yang nikmat. Berikut cara memasak resep kolak pisang untuk buka puasa.

Cara membuat kolak dari pisang

Bahan:
1 kg pisang tanduk yang bagus dan telah matang sempurna
1 ons gula pasir
1 ons gula merah
2 ons kolang-kaling, belah dua
2 lembar daun pandan, cuci bersih
65 ml santan
3 gelas air
Cara memasak kolak

Pisang tanduk dikupas terlebih dahulu kemudian potong-potong miring. Ukuran bisa sesuai selera, asal tidak terlau besar atau terlalu kecil.
Selanjutnya cairkan gula dengan cara dimasak dengan air secukupnya.
Saring gula merah, masak lagi dan tambahkan gula pasir dan aduk terus.
Masak pisang yang telah dipotong dengan air sampai pisang berubah warna.
Masukkan santan, daun pandan, kolang-kaling, terus aduk aduk sampai pisang matang dan empuk.
Resep kolak pisang untuk buka puasa ini siap disajikan. Jika suka, bisa tambahkan es batu agar kolak pisang dingin lebih nikmat. Anda bisa mencoba cara memasak pisang menjadi kolak ini di rumah. Selain bisa berkreasi sesuai selera, Anda juga bisa menghemat pengeluaran daripada harus membelinya tiap sore.

Sumber : manfaatpuasa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar