Selasa, 31 Mei 2016

Subhanallah, Inilah Hikmah Dan Keutamaan Shalat, yang Sholatnya Masih Bolong Baca ini Sebentar yaa

Reportaseterkini.net - Bismillah, Sholat memiliki banyak keutamaan dan hikmah, di antaranya:
1. Sholat merupakan rukun Islam yang kedua dan merupakan rukun Islam yang terpenting setelah dua kalimat syahadat, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:



بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسَةٍ : عَلَى أَنْ يُوَحِّدَ اللهَ (وَ فِيْ رِوَايَةٍ عَلَى خَمْسٍ) شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَالْحَجِّ

“Islam dibangun atas lima perkara yaitu mentauhidkan Allah, dalam riwayat lain : bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan haji.” (HR. Bukhari I/12 no.8, dan Muslim I/45 no.19, dari Abdullah bin Umar rodhiyallahu anhuma)

2. Sholat merupakan media penghubung antara seorang hamba dengan Tuhannya, sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam:
إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى يُنَاجِي رَبَّهُ
“Sesungguhnya seorang dari kamu jika sedang sholat, berarti ia sedang bermunajat (berbisik-bisik) dengan Tuhannya”. (HR. Bukhari I/198 no.508, dari Anas bin Malik rodhiyallahu anhu)

3. Sholat adalah penolong dalam segala urusan penting.
Hal ini sebagaimana firman Allah ta’ala:
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ
“Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu”. (QS. Al Baqarah : 45)

4. Sholat adalah pencegah dari perbuatan maksiat dan kemungkaran.
Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala:

وَأَقِمِ الصَّلاَةَ إِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهَى عَنِ اْلفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

“Dan dirikanlah sholat karena sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar”. (QS. Al Ankabut : 45)

5. Sholat adalah cahaya bagi orang-orang yang beriman yang memancar dari dalam hatinya dan menyinari ketika di padang Mahsyar pada hari kiamat.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

الصَّلاَةُ نُوْرٌ
“Sholat adalah cahaya ”. (HR. Muslim I/203 no.223, dari Abu Malik Al-Asy’ari rodhiyallahu anhu)
مَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَتْ لَهُ نُوْرًا وَبُرْهَانًا وََنجَاةً يَوْمَ اْلقِيَامَةِ

“Barangsiapa yang menjaga sholatnya niscaya ia kan menjadi cahaya, bukti dan penyelamat (baginya) pada hari kiamat.” (HR. Ahmad II/169 no.6576, dan Ibnu Hibban IV/329 no.1467, dari Abdullah bin ‘Amr rodhiyallahu anhu)

6. Sholat adalah kebahagiaan jiwa orang-orang yang beriman serta penyejuk hatinya.
Hal ini sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wasallam:

جُعِلَتْ قُرَّةُ أَعْيُنِيْ فِي الصَّلاَةِ

“Dijadikan penyejuk hatiku di dalam sholat”. (HR. Ahmad III/128 no.12315, 12316, dan III/199 no.13079, dan Nasa’i VII/74 no.3950, dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu)

7. Sholat adalah penghapus dosa-dosa dan pelebur segala kesalahan.
Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهْرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ فِيْهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ هَلْ يَبْقَى مِنْ دَرَنِهِ شَيْءٌ ؟ قَالُوْا : لاَ يَبْقَى مِنْ دَرَنِهِ شَْءٌ .قَالَ : كَذَلِكَ مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ يَمْحُو اللهُ بِهِنَّ اْلخَطَايَا

“Apa pendapat kalian jika di depan pintu seseorang di antara kalian terdapat sungai, di dalamnya ia mandi lima kali sehari, apakah masih tersisa kotoran (di badannya) meski sedikit ?” Para shahabat menjawab : “Tentu tidak tersisa sedikit pun kotoran (di badannya)” Beliau berkata: “Demikian pula dengan sholat lima waktu, dengan sholat itu Allah menghapus dosa-dosa”. (HR. Bukhari I/197 no.505, dan Muslim I/462 no.667, dari Abu Hurairah rodhiyallahu anhu)

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَ رَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ لِمَا بَيْنَهُمَا إِذَا اجْتُنِبَتِ اْلكَبَائِرُ

“Sholat lima waktu dan dari Jum’at ke Jum’at dan dari Romadhon ke Romadhon, merupakan pelebur (dosa kecil yang dilakukan) di antara keduanya, selama tidak melakukan dosa-dosa besar”. (HR. Muslim I/209 no.233, dari Abu Hurairah rodhiyallahu anhu)

8. Sholat merupakan tiang agama, barangsiapa yang menegakkannya maka ia telah menegakkan agama.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

رَأْسُ اْلأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُوْدُهَ الصَّلاَةُ وَذَرْوَةُ سَنَامِهَ الجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ

“Pokok dari perkara-perkara adalah Islam, tiangnya adalah sholat dan puncak tertingginya adalah jihad di jalan Allah”. (HR. AT-Tirmidzi no.2616, Ibnu Majah II/1314 no.3973, dan Ahmad V/231 no.22069, dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu anhu)

9. Sholat merupakan pembeda antara orang yang beriman dengan orang yang kafir dan musyrik.
Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:
بَيْنَ الرَّجُلِ وَ بَيْنَ اْلكُفْرِ وَالشِّرْكِ تَرْكُ الصَّلاَةِ
“Batas pemisah antara seseorang dengan kekafiran dan kesyirikan adalah meninggalkan sholat”. (HR. Muslim I/88 no.82, dari Jabir bin Abdullah rodhiyallahu anhu)

10. Sholat merupakan sebaik-baik amalan.
Hal ini sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam:
عِنْدَمَا سُئِلَ عَنْ أَيِّ اْلأَعْمَالِ أَفْضَلُ ؟ فَقَالَ : الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهاَ
Ketika beliau ditanya tentang amalan apa yang paling utama, maka beliau menjawab : “Sholat pada waktunya”. (HR. Bukhari I/197 no.504, dan Muslim I/89 no.85, dari Abdullah bin Mas’ud rodhiyallahu anhu)

11. Sholat adalah perkara pertama yang akan dihisab (diperhitungkan) pada setiap hamba.
Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:
إنََّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمْ الصَّلاَةُ
“Sesungguhnya perkara pertama yang akan dihisab (diperhitungkan) dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah masalah sholat ”. (HR. Ahmad dan Abu Dawud I/290 no.864, dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu).

Demikian beberapa hikmah dan keutamaan sholat berdasarkan al-Qur'an dan as-Sunnah yang shohih. Silakan di share. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Masha Allah, inilah Pesan Peggy Melati Sukma Untuk Para Wanita Muslimah

Aksi Cepat Tanggap (ACT), Pengusaha Muslim Indonesia (PPMI), Akhwat Bergerak dan Urban Syiar menggelar “Majelis Inspirasi”, di Hotel Musafira, Jalan Surokarsan No.15, Yogyakarta, dengan pemateri motivator yang juga aktris Peggy Melati Sukma, Jumat (26/5).



Majelis Inspirasi yang rutin mengadakan pertemuan-pertemuan untuk menggugah kepedulian masyarakat ini, kali ini dihadiri oleh sekitar 80 orang pengusaha muslim yang berasal dari sekitar Yogyakarta. Hampir tidak ada sudut yang tersisa di dalam ruangan aula hotel tanpa diisi hadirin.  

Pada kesempatan itu, Peggy lebih banyak memberikan narasi tentang perjalanan hidupnya hingga menemukan satu titik untuk berhijrah. Inisiator gerakan ‘Akhwat Bergerak’ ini menuturkan kini hidupnya bertambah jelas setelah mengetahui tujuan hidupnya. Setelah 22 tahun berkarya di bidang hiburan, kini ia hanya ingin mencari keridloan Allah.

“Baru satu tahun terakhir ini saya belajar Islam yang sesungguhnya. Saya pesan sama ibu-ibu ya, yang utama itu perkuatlah 2 hal dalam hidup ini, yakni tauhid dan syariah,” tutur Peggy di hadapan hadirin.
Peggy mengungkapkan, meski awalnya dimulai dari Indonesia, “Akhwat Bergerak” akan dia dedikasikan untuk Muslimah di seluruh dunia. Hal ini selaras dengan program solidaritas dunia Islam yang dimiliki ACT.

Sesuai dengan motto yang diusung, “Tebar Inspirasi, Berbagi Perjuangan dan Bangkit Bersama,” Akhwat Bergerak, akan menjalankan tiga program utama. Majelis Inspirasi, Berbagi Perjuangan dan Pemberdayaan Ekonomi Muslimah, papar Peggy.

Program berbagi perjuangan adalah pengumpulan bantuan sosial untuk Muslimah-muslimah di belahan dunia Islam yang dilanda konflik, seperti Palestina dan Suriah. Sementara pemberdayaan ekonomi muslimah dimaksudkan untuk melatih muslimah mandiri secara ekonomi tanpa menanggalkan identitas mereka sebagai seorang muslimah.

Agus Budi Hariadi selaku patnership Aksi Cepat Tanggap DIY menjelaskan.
“Acara ini adalah event pertama dari Roadshow Majelis Inspirasi selama tiga hari di Yogyakarta. Sore ini (27/5) insya Allah di Masjid Nurul Ashri Deresan, besok Sabtu (28/5) di Masjid Jogokariyan, SMA N 6 Yogyakarta, dan Masjid Nurul Huda Kotagede. Sedangkan besok hari Ahad di Masjid Al Firdaus Ngoto, Teras Dakwah Nitikan, Plaza Telkom Kotabaru, dan Masjid Al Falah Wiyoro. Harapan kami acara ini bisa semakin menggugah keimanan dan kepedulian masyarakat Jogja terutama menjelang bulan Ramadhan 1437 H ini,” ungkapnya.

Sumber : voa-islam.com

Senin, 30 Mei 2016

Video : Balita Berumur 4 Tahun Jatuh Ke Kandang Gorilla, Lihat apa yang Terjadi pada anak ini

Sebuah kejadian tragis berlangsung pada Sabtu di Kebun Binatang Cincinnati, di mana para pejabat terpaksa menembak mati seorang gorila dataran rendah yang terancam punah untuk menyelamatkan seorang bocah berusia empat tahun yang jatuh ke kandang.


Anak itu berjalan melewati pagar kandang dan jatuh sekitar 10 sampai 12 kaki ke parit.

Sebuah besar dan kuat pound 400 (180 kilogram) 17 tahun gorila jantan bernama Harambe mendekati anak itu, sementara dua gorila betina lainnya tinggal kembali dan tidak terlibat.

Harambe meraih dan menarik anak itu, dengan Dinas Pemadam Kebakaran Cincinnati melaporkan bahwa responden pertama "menyaksikan gorila yang keras menyeret dan melemparkan anak."

Anak itu diseret melalui parit dangkal untuk sekitar 10 menit, di mana piont para pejabat kebun binatang memutuskan bahwa anak itu dalam bahaya yang mengancam jiwa dan menembak Harambe mati sebagai anak yang di bawah dia antara kaki gorila.

Anak, yang identitasnya tidak dibuat diketahui, dibawa ke dekat Rumah Sakit Anak Cincinnati Medical Center, di mana ia diberi pengobatan untuk serius tetapi tidak mengancam kehidupan cedera, laporan Cincinnati Enquirer.

Menurut kebun binatang, tidak ada yang pernah masuk kandang gorila 38 tahun tersebut.

Para pejabat "membuat pilihan yang sulit dan mereka membuat pilihan yang tepat karena mereka menyelamatkan kehidupan anak kecil itu. Itu bisa saja sangat buruk," kata direktur kebun binatang Thane Maynard. Dia menjelaskan bahwa panah penenang tidak akan ditindaklanjuti gorila cukup cepat dan akan membahayakan anak bahkan lebih.

Dia menekankan bahwa sementara gorila tidak aktif menyerang anak itu, anak "pasti berisiko."

"Kita semua hancur bahwa kecelakaan tragis ini mengakibatkan kematian gorila terancam punah. Ini adalah kerugian besar bagi keluarga kebun binatang dan populasi gorila di seluruh dunia," tambah Maynard.

Tidak lama setelah kejadian itu kelompok Facebook yang disebut Keadilan untuk Harambe diciptakan, mengumpulkan lebih dari 100 orang seperti di bawah dua jam.

"Halaman ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran pembunuhan Harambe pada 5/28/16. Kami ingin melihat tuduhan terhadap mereka yang bertanggung jawab !," membaca deskripsi halaman, meskipun tidak ada rencana untuk membawa tuduhan terhadap orang tua anak.

Harambe tiba di kebun binatang pada tahun 2015 dari Gladys Porter Zoo di Brownsville, Texas.

Tidak semua peristiwa tersebut berakhir tragis - kejadian serupa pada tahun 1986 di pulau UK Jersey melihat seorang anak lima tahun bernama Levan Merritt jatuh ke kandang gorila, dengan dampak yang menyebabkan dia kehilangan kesadaran.

Sebuah gorila punggung perak bernama Jambo dijaga anak itu, menjaga gorila lain pergi dan membelai punggung anak itu. Ketika anak mulai sadar ia mulai menangis, mengejutkan gorila dan membuat mereka kembali, dan memungkinkan penjaga kebun binatang untuk mengekstrak anak.

Jambo menjadi sesuatu dari pahlawan, muncul di Jersey prangko. Sebuah patung seukuran gorila dijual untuk 18.000 pound ($ 26.000) kembali pada tahun 2010.

Video :


Saya Hijrah Setelah Mendengar Ceramah Aa-Gym

BAGI scenester punk/hardcore era 90-an akhir, nama THE FORTY’S ACCIDENT sudah tidak asing ditelinga mereka, khususnya di Surabaya. Mereka termasuk band hardcorepunk yang cukup dikenal dan produktif dalam memproduksi album. Band ini memang sempat bubar pada tahun 2000, namun kemudian terbentuk kembali pada tahun 2009 dengan formasi yang baru.


Dahulu, band ini dimotori oleh 5 orang, yang 2 diantaranya adalah kakak-adik, yaitu Jack dan Aik. Jack saat itu mengisi posisi vokal, sedangkan Aik sebagai gitaris. Sejak tahun 1997 hingga 2000, mereka sudah merilis 2 full album dan 1 EP dalam bentuk kaset, serta ikut dalam berbagai kompilasi.

Secara ideologis, band ini awalnya mengusung pemikiran anarkisme. Lirik lagu mereka semakin hari menjadi lebih politis dan militan. Namun pada saat mereka terbentuk kembali pada tahun 2009 lalu, pemikiran yang diusung oleh band hardcorepunk ini berubah 180 derajat. Mereka kini lebih banyak bicara tentang nilai-nilai Islam, khususnya dalam ranah amar ma’ruh nahi munkar.

Mengapa mereka berubah sampai sedemikian rupa? Ternyata ada beberapa alasan yang mendasarinya. Pertama, karena kakak-adik Jack dan Aik pada tahun-tahun 2000an awal mulai menyukai ceramah-ceramah Aa Gym.

“Saya dulu suka sekali beli kaset ceramahnya Aa Gym. Kami putar berulang-ulang sampai hafal isinya. Hehehe,” kata Aik.

“Satu hal yang membuat saya berubah, dari ceramah Aa Gym, dia mengajak kita untuk terus menerus mengoreksi diri kita lebih dulu ketimbang mengoreksi orang lain. Nah, ini yang sejak dulu nggak saya pikirkan. Saya pikir kalau ada ketidakadilan di masyarakat itu berarti pemerintahnya pasti yang nggak bener. Tapi sejak itu saya mikirnya beda. Saya jadi sadar kalau diri saya sendiri juga masih sering nggak bener, kok nyalahin orang lain,” lanjutnya.

Kedua, THE FORTY’S ACCIDENT berubah drastis menjadi sangat Islami karena dampak dari meninggalnya Jack pada tahun 2007 lalu, saat tidur malam. Saat itu, Jack sudah hijrah sepenuhnya, dan menjadi aktivis dakwah. Siang malamnya diisi dengan aktivitas yang memperdalam ilmu agama sekaligus membuat gerakan-gerakan dakwah lokal. Bagi Aik, adiknya, meninggalnya sang kakak adalah pelajaran berharga bahwa hidup ini harus berorientasi pada akhirat.

Sejak itu, Aik bertekad untuk mengikuti jejak Jack.

“Setelah kakak saya meninggal, saya masuk ke kamar tidurnya. Saya baca-baca buku peninggalan dia. Ternyata mayoritas buku-buku Islam! Saya bilang ke ibu untuk merawat buku-buku itu. Sejak itu saya jadi gila buku. Saya meniru semangat belajar yang selama ini dilakukan kakak saya,” kata Aik.

Sejak tahun 2009, formasi THE FORTY’S ACCIDENT berubah. Aik kini mengisi posisi vokal. Kemudian 3 personel lainnya adalah teman-teman baik Jack saat masih hidup. Mereka orang-orang yang hanif dan sama-sama ingin berubah menjadi orang yang lebih baik.

Dari formasi itu, THE FORTY’S ACCIDENT menghasilkan 2 album baru. Diantaranya “Against The Stream” (2010) dan “Between Regret and Hope” (2013). Kedua album itu dirilis dalam label Ghuraba Records, sebagaimana band-band lain seperti band melodic-punk KETAPEL JIHAD dan rapper SALAMEH HAMZAH.

Jika ditanya mengapa Aik masih memilih untuk berdakwah melalui musik, dia menjawab “Musik itu cuma alat. Buat mengirim pesan-pesan dakwah kami ke teman-teman kami yang masih belum tergerak untuk berhijrah. Kalau mereka diajakin pengajian jelas nggak mau. Makanya kami pakai musik hardcorepunk. Mereka baru bisa paham kalau pakai bahasa musik.”

Sumber : punkmuslim.org

Inspirasi : Kisah Mahasiswa Indonesia Ciptakan Masjid Berteknologi Modern yang Luar Biasa

Mahasiswa Indonesia semakin menggeliat dalam tonjolkan bakatnya. Salah satunya sekelompok mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) yang telah merancang sebuah konsep masjid berteknologi modern.


Teknologi yang diterapkan dalam masjid modern ini, dibuat agar shalat lebih khusuk. Misalnya lampu LED pada shaf yang berfungsi untuk meluruskan dan merapatkan baris saat shalat.

Hal ini menurut Ketua projek masjid berteknologi modern, Herwin Firnanda, seperti yang dikutip dari Antara menganggap jika jumlah masjid di Indonesia cukup banyak, namun kebanyakan masjid yang ada masih jauh dari sentuhan teknologi modern.

Masjid ini dirancang dengan beberapa keunggulan. Lampu LED akan barada di bawah kaki para jamaah, ketika kaki berada diatas LED, maka sensor akan bekerja dan lampu LED mati, ini bisa menjadi indikator barisan shaf kurang rapat jika lampu LED masih menyala.

Tak hanya itu saja, masjid ini pun dilengkapi dengan alat pelacak sinyal ponsel yang dapat mendeteksi jika ada jamaah yang masih mengaktifkan ponsel terutama saat menjalankan ibadah shalat.

Alat pelacak sinyal ini bisa menjadi solusi, saat jemaah yang masih sering menggunakan ponsel ketika shalat. Sistemnya, nanti ponsel yang berada di sekitar masjid tidak akan mendapatkan sinyal dengan baik, sehingga tidak ada panggilan ataupun pesan yang masuk. Termasuk jaringan internet pada ponsel juga akan terganggu. Alat ini mampu bekerja dengan radius sekitar 6 meter dari titik alat dipasang.

Selain itu, untuk menunjukkan arah kiblat, alat ini juga dilengkapi dengan lampu laser yang secara otomatis mengarah langsung ke arah kiblat.

Tak cukup sampai di situ, masjid yang serba canggih ini juga dilengkapi dengan parkir berteknologi modern karena di pintu masuk dipasang sensor.

Lampu LED itu dengan sendirinya akan menuntun mobil ke area parkiran hingga sampai menemukan slot kosong. Jika ada lebih dari satu slot yang kosong maka hanya lampu di satu slot saja yang menyala.

Jika masjid ini diterapkan diseluruh masjid di Indonesia, tentu akan menambah #semangat umat islam melaksanakan shalat secara berjamaah.

Subhanallah!! Inilah Fakta Mengejutkan Di Balik Ayam Berkokok

Reportaseterkini.net - Rasulullah pernah bersabda : “Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (HR Bukhari dan Muslim)


Sabda tersebut datang dari berabad-abad lalu, namun ternyata para ilmuwan baru membuktikannya secara nyata belakangan ini. Adalah sebuah studi dari Jurnal Public Library of Science ONE pada tahun 2010 lalu yang menemukan dan mengemukakan bahwa ayam memiliki kerucut retina tambahan dibandingkan dengan manusia. Hal tersebut memungkinkan hewanunggas ini untuk membedakan warna tambahan dan sebuah fenomena.

Joseph Corbo salah seorang ilmuwan dari Washington University di St Louis, mengatakan bahwa kemampuan untuk melihat warna tersebut berasal dari sel cahaya khusus yang ditemukan di retina mata ayam. Sel-sel ini disinyalir dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya yang berbeda.
Kalau keledai itu melihat dengan infra red, jadi keledai melihat setan. Kalau ayam melihat sinar ultraviolet (cahaya) jadi ayam bisa melihat malaikat.

Oleh karenanya banyak pepatah lama yang mengatakan, bangunlah sepagi mungkin agar rejeki tidak dipatok ayam. Nah, mungkin maksudnya sob, setelah ayam melihat malaikat turun memberikan rezeki di pagi hari, jangan sampai kita manusia justru tak mengambilnya.

Soal Jodoh Jangan Mudah Baper, Untuk anda yang Sedang Menanti Jodoh, Baca ini Sebentar ya

Ini nasehat kepada anda yang sekarang saat menunggu masa kehalalan tiba. Teguran ini wabil khusus buat mereka yang dahulukan cinta di atas segalanya. Merekalah yang mudah baper alias sering membawa-bawa perasaannya, bukan salah, hanya berhati-hati saja.



Jangan karena merasa nggak ada 'chemistry' 'klik', 'setrum', kita langsung saja menolak si dia. Kalo ternyata agama dan akhlaknya tiada tandingnya, apa kita masih juga menolaknya? Rasul Saw sudah ingatkan kita untuk pilih utamakan agama dan atau akhlak di atas segalanya.

Bagi anda yang mudah baper dan pengikutnya, harap hati-hati jaga dan wujudkan rasa cinta. Boleh saja jatuh cinta saat tunggu sah di depan KUA, tapi jika anda muslim, ingat konsekuensinya. Konsekeunsi pertama dan utama, cinta itu harus dibatasi syariat sebagai pagarnya. Konsekuensi kedua, ada setan kan selalu menggoda yang bisa butakan mana nafsu mana cinta. Konsekuensi ketiga, jika anda sering bersua rupa atau suara, hati-hati saja, dosa bisa jadi biasa.

Pengalaman yang ada, mereka yang letakkan 'hati' sebelum masa halal tiba, akan sulit melepasnya. Alasannya masih sama, karena "aku sudah terlanjur cinta dia", atau "sudah ada chemistry di antara kita". Jika sudah begitu, tidak akan ada beda, antara mereka yang awam dengan yang sudah paham agama. Kenapa? Karena mereka dewakan rasa, agungkan cinta. Sementara agama? Ah entar aja katanya. Itulah saat dimana dosa akan jadi biasa. Nasehat saudara hanya jadi hiasan telinga.

Sahabatku yang sedang menunggu masa indah bersamanya, cinta bukan segalanya. Hanya karena pertimbangan cinta kita pilih dia, itu biasa. Pilih utamakan agama itu baru istimewa. Pilihlah karena agama, gunakan syariat selama berinteraksi dengannya, dan perasaan cinta bukan segalanya.

Ingin Di Salami Malaikat ? yuk Lakukan Amalan Ringan ini

Reportaseterkini.netRasulullah Saw, bersabda : “Demi yang jiwaku dalam genggaman-Nya. Kalau kamu selamanya bersikap seperti saat kamu ada bersamaku aku mendengarkan dzikir, pasti  para malaikat akan bersalaman dengan kamu di tempat tidurmu dan dijalan-jalan yang kamu lalui. Namun, wahai, Handhalah (nama seorang sahabat) kadang kala begini dan kadang kala begitu. (beliau mengucapkan perkataan itu kepada Handhalah hingga diulang-ulang tiga kali).” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).


Berdasarkan hadits tersebut, kita dapat memahami dzikir merupakan amalan yang mulia. Kemuliaan tersebut hadir karena ketika seseorang berdzikir, maka para malaikat akan turun menemui dan menyalaminya. Dengan demikian, seorang ibu  hamil yang berdzikir akan mendapat kesempatan bersalaman dengan para malaikat dan hal itu terjadi pula kepada anak yang dikandungnya.sehingga si anak kelak dapat menjadi anak yang shalih maupun shalihah.

Dzikir merupakan amalan utama dalam Islam. Dzikir ialah cara paling mudah dan mujarab untuk menjalin komunikasi dengan Allah Ta’ala. Dzikir adalah ekspresi cinta seorang hamba kepada Rabb yang telah menciptakan, mengurus, dan mencukupi semua kebutuhannya.

Dari Abu Darda, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Imam Ibnu Majah, Imam al-Hakim, dan Imam at-Tirmidzi dengan derajat Shahih,

الا انبؤكم بخيراعمالكم وازكاهاعندمليككم، وارفعهافي درجاتكم، وخيرلكم من انفاق الذهب والورق، وخيرمن ان تلقوا عدوكم فتضربوااعناقهم؟ قالو: بلى، قال: ذكرالله تعلى

Alaa unabbi-ukum bikhairin a’malikum wa-azkaha ‘inda maliikikum, wa arfa’aha fii darajaatikum, wa khaira lakum min infaaqi adz-dzahabi wa al-waraqi, wa khaira min an talqau ‘aduwwakum fa tadhribuu a’naaqahum? Qaaluu: Balaa. Qaala: Dzikrullahi Ta’ala.

“Tidakkah kalian ingin kuberitahu tentang sebaik-baik amalan yang paling suci di sisi Tuhan kalian, paling tinggi menyertai derajat kalian, lebih baik dari menafkahkan emas dan perak, juga lebih baik dari musuh yang membunuh (di antara kalian), lalu kalian membunuhnya?”

Para sahabat menjawab, “Tentu saja, ya Rasulullah.”

Kata Nabi, “Berdzikirlah kepada Allah Ta’ala.”

Di antara kalimat-kalimat dzikir itu, ada satu kalimat yang disebutkan sebagai kalimat paling disukai Allah Ta’ala. Lebih istimewanya lagi, kalimat tersebut dipilih oleh-Nya untuk malaikat-malaikat-Nya.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Abu Dzar al-Ghifari yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam at-Tirmidzi, Imam Ahmad bin Hanbal dengan derajat Hasan shahih.

قلت يارسول الله! اي الكلام احب الى الله تعلى؟ قال: ما اصطفى الله تعلى لملاءكته: سبحان ربي وبحمده

Qultu: Ya Rasulullah, ayyu al-kalaami ahabbu ilaa Allahi Ta’ala? Qaala: Maa ashthafa Allahu Ta’ala li malaaikatihi: Subhana Rabbii wa bihamdihi.

“Wahai Rasulullah,” tanya Abu Dzar, “bacaan apakah yang paling disukai Allah Ta’ala?”

Rasulullah bersabda, “(Ialah) bacaan yang dipilihkan oleh Allah Ta’ala untuk para malaikat, yaitu bacaan ‘Subhana Rabbi wa bihamdihi’ (Mahasuci Tuhanku dan segala puji bagi-Nya).”


Semoga Allah Ta’ala memberikan kekuatan kepada kita untuk senantiasa membasahi lidah dengan dzikir, pikiran yang senantiasa menadabburi ciptaan-ciptaan-Nya, dan hati yang khusyuk beribadah kepada-Nya, serta fisik yang senantiasa beramal dalam menaati-Nya. Aamiin.

Rasulullah Saw, bersabda : “Demi yang jiwaku dalam genggaman-Nya. Kalau kamu selamanya bersikap seperti saat kamu ada bersamaku aku mendengarkan dzikir, pasti  para malaikat akan bersalaman dengan kamu di tempat tidurmu dan dijalan-jalan yang kamu lalui. Namun, wahai, Handhalah (nama seorang sahabat) kadang kala begini dan kadang kala begitu. (beliau mengucapkan perkataan itu kepada Handhalah hingga diulang-ulang tiga kali).” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Berdasarkan hadits tersebut, kita dapat memahami dzikir merupakan amalan yang mulia. Kemuliaan tersebut hadir karena ketika seseorang berdzikir, maka para malaikat akan turun menemui dan menyalaminya. Dengan demikian, seorang ibu  hamil yang berdzikir akan mendapat kesempatan bersalaman dengan para malaikat dan hal itu terjadi pula kepada anak yang dikandungnya.sehingga si anak kelak dapat menjadi anak yang shalih maupun shalihah.

Astaghfirullah!! Rendahnya Moral, Pertanda Dekatnya Kehancuran Sebuah Bangsa

Tidak adanya campur tangan Allah dalam setiap sesuatu dapat dipastikan tidak akan terjadi, seperti keruntuhan sistem atau kekuasaan seseorang. Hal ini, khusus untuk orang-orang yang memang yakin terhadap-Nya.


"Selain Tuhan Yang Maha Kuasa, nampaknya tak akan ada kekuatan yang mampu mencegah keruntuhan sistem negara era reformasi yang dapat berdampak pada timbulnya perang saudara," tulis Haris Rusly dalam siaran persnya yang didapat voa-islam.com, beberapa waktu lalu.

Haris juga menyinggung persoalan bangsa dan negara Indonesia saat ini yang terlihat tidak kondusif. Salah satunya yang ia katakan adalah tersanderanya kepemimpinan Presiden terhadap kelompok kepentingan di sekitar lingkarannya.

"Situasi bangsa dan negara kita saat ini makin diperparah oleh ketidakmampuan Presiden hasil Pilpres 2014 dalam memimpin negara. Keberadaan Presiden yang disandera oleh para-cukong,-serta orientasinya yang hanya memperkuat kekuasaan dengan mendukung orang-orang yang bermasalah untuk  menempati posisi strategis di dalam struktur negara maupun Parpol, telah makin memperparah keadaan negara reformasi menuju keruntuhannya."

Jika, lanjutnya, krisis yang menimpa sebuah negara masih menyentuh aspek politik, ekonomi dan infrastruktur, maka hal itu masih relatif mudah diatasi. Ada banyak pengalaman negara di dunia yang sering mengalami krisis ekonomi dan krisis politik yang ditandai oleh jatuh bangunnya  pemerintahan. Tapi masih tetap kokoh berdiri sebagai sebuah negara.

"Namun, jika sebuah bangsa telah mengalami krisis yang menyentuh jantung kehidupannya, yaitu krisis moralitas dan nilai-nilai yang menjadi landasan dan panduannya dalam kehidupan bernegara, maka kita tak akan mampu mencegah jalannya bangsa tersebut menuju keruntuhannya."

Sumber : voa-islam.com

Minggu, 29 Mei 2016

Jangan Abaikan Doa ini : Ya Allah Sampaikanlah Umur Kami Hingga Bulan Ramadhan

Yaa ikhwahfillah, tak terasa beberapa hari lagi bulan suci Ramadhan akan mendatangi kita. Semoga Allah masih mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan. Bermohonlah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan hati yang tulus dan suci agar Allah membimbing kita untuk melakukan Shiyam dan membaca Al-Qur’an serta mentadaburinya.


Sebab, celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah Ta’ala di bulan yang suci Ramadhan. Kenanglah rasa lapar dan hausmu, agar kita juga merasakan seperti orang-orang yang mengalami kesempitan rizki sehingga tidak mampu untuk makan apabila mereka sedang lapar. Semoga Allah memotivasi kita untuk giat bersedekah kepada kaum fakir dan miskin.

Sebelum bulan Ramadhan tiba, muliakanlah orang tua, sayangilah yang muda, sambunglah tali silaturahim, jaga lisan kita, jaga pandangan kita dari apa yang tidak halal kita pandang, dan jaga pendengaran kita dari apa yang tidak halal kita dengarkan.

Kasihanilah anak-anak yatim mujahid, janda-janda mujahid, dan bertaubatlah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari segala dosa-dosa kita. Barangsiapa memuliakan anak yatim di bulan Ramadhan, maka Allah akan memuliakannya di hari ketika ia berjumpa dengan-Nya. Aamiin…

Ikhwahfillah,, mari kita tidak menyia-nyiakan kesempatan Ramadhan mendatang. Angkatlah tangan-tangan kita untuk berdoa saat shalat kita, karena saat itulah waktu yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih.
Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika memanggil-Nya, dan mengabulkan doa-doa mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Wahai manusia, sesungguhnya dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban dosa, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu.

Barangsiapa diantaramu memberi buka kepada orang mukmin yang berpuasa di bulan Ramadhan, maka insya Allah disisi Allah pahalanya sama dengan orang yang membebaskan budak dan ia diberi ampunan atas dosa-dosanya yang lalu.

Barangsiapa yang membaguskan akhlaqnya di bulan Ramadhan, maka ia akan berhasil melewati shirat pada hari ketika kaki-kaki tergelincir.

Barangsiapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai/pembantu), maka Allah akan meringankan pemeriksaan di hari akhir. Dan barangsiapa menahan kejelekan di bulan Ramadhan, maka Allah akan menahan murka-Nya di hari ketika ia berjumpa dengan-Nya.

Barangsiapa melaksanakan shalat sunnah di bulan Ramadhan, maka Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Dan barangsiapa melaksanakan shalat fardhu, baginya adalah ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardhu di bulan lain.

Wahai manusia, sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan untukmu, maka mintalah kepada Allah agar tidak akan pernah menutupnya untukmu.

Pintu-pintu neraka tertutup, maka mintalah kepada Rabbmu, agar tidak akan pernah dibukakan untukmu, dan syetan-setan terbelenggu, maka mintalah agar mereka tidak lagi pernah menguasaimu.

Ada seorang sahabat bertanya:  “Yaa Rasulallah, apa amal yang paling utama di bulan ini?” jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam; “Amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah”. Yaa Allah, sampaikanlah umur kami ini hingga bulan Ramadhan nanti. Wallahu a’lam.

Punya Tetangga Jahat dan Cuek? Lakukan 4 Cara ini Untuk Menyadarkannya

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.



Islam memerintahkan untuk berbuat baik kepada tetangga. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjelaskan memuliakan tetangga tanda baiknya iman. Karenanya, setiap mukmin wajib menjadi warga yang baik bagi tetangga-tetangganya. Kehadirannya membahagiakan. Kepergiannya membuat tetangga merasa kehilangan.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia memuliakan tetangganya.” (Muttafaq Alaih)

Berbuat baik kepada tetangga bisa dengan perkataan dan perbuatan. Bentuknya sangat beragam, seperti mengunjungi tetangga dan menanyakan kondisinya, ikut gembira dengan kebahagiaannya, ikut sedih dengan musibah yang menimpanya, membantunya saat kekurangan, menolongnya saat kesusahan, menjenguknya dikala sakit, menguruskan jenazahnya, memenuhi undangannya, berbagi makanan, memberikan hadiah, dan sebagainya.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

لا يَشْبَعُ الْمُؤْمِنُ دُونَ جَارِهِ

“Seorang mukmin tidak boleh kenyang (sendiri) sementara tetangganya kelaparan.” (HR. Ahmad)
Dalam Shahih Muslim, dari Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhu, berkata: Kekasihku mewasiatkan kepadaku,

إِذَا طَبَخْتَ مَرَقًا فَأَكْثِرْ مَاءَهُ ثُمَّ انْظُرْ أَهْلَ بَيْتٍ مِنْ جِيرَانِكَ فَأَصِبْهُمْ مِنْهَا بِمَعْرُوفٍ

“Jika engkau memasak makanan berkuah, perbanyaklah kuahnya, kemudian lihatlah anggota keluarga dari tetanggamu, lalu bagikan kepada mereka dengan baik.”

Jangan Sakiti Tetangga!
Bentuk lain dari berbuat baik kepada tetangga adalah dengan menghindarkan diri dari menyakiti tetangga dan menimpakan keburukan kepada mereka. Setiap perkataan atau perbuatan yang bisa –atau biasanya- menyakiti tetangga wajib ditinggalkan seorang muslim.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah bersabda, “demi Allah, tidaklah beriman” beliau ulang sampai tiga kali. Ditanyakan kepada beliau, “Siapakah itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

اَلَّذِيْ لاَ يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ

"Orang yang tetangganya tidak aman dari keburukan-keburukannya." (Muttafaq ‘Alaih) dalam riwayat muslim disebutkan,

لاَ يَدْخُلُ اْلجَنَّةَ مَنْ لاَ يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ

"Tidaklah masuk surga orang yang tetangganya tidak aman dari keburukan-keburukannya."
Menyakiti saudara seiman dilarang dan berdosa. Namun larangan itu semakin kuat dan dosanya semakin besar jika ia berstatus sebagai tetangga. Tidak lain karena hak tetangga ini sangat besar dalam Islam.

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah ditanya tentang dosa terbesar. Beliau menjawab, “Engkau membuat tandingan bagi Allah padahal Dia-lah yang telah menciptakanmu, kamu membunuh anakmu karena takut ikut makan bersamamu, dan engkau berzina dengan istri tetanggamua.” (Muttafaq ‘Alaih)

Sabar Hadapi Keburukan Tetangga
Bentuk lain berbuat baik kepada tetangga adalah dengan bersabar menghadapi keburukan tetangga kepada kita dan minimnya kebaikan dia kepada kita. Seorang mukmin haruslah menjadi ahli ihsan dan senantiasa memperlakukan tetangganya dengan baik. Tidak layak muslim menjadi orang bakhil dan pelit berbagi harta, wakti, perlakuan baik kepada tetangga.

. . . Seorang mukmin haruslah menjadi ahli ihsan dan senantiasa memperlakukan tetangganya dengan baik. . .

4 Cara Menyadarkan Tetangga yang Jahat
Kebahagiaan keluarga muslim akan terganggu dengan hadirnya tetangga yang jahat di sekitar tempat tinggalnya. Dirinya harus mencari solusi merubah kejahatan tetangganya tersebut.

Ustadz Syariful Mahya Lubis, MA. di video berjudul “Bagaimana Cara Menyadarkan Tetangga Jahat”memberi tips menyadarkan tetangga yang jahat. Ringkasnya, ada 4:
Pertama, jangan menjadi bagian dari kejahatan. Orang yang terjebak pada masalah tak akan bisa menyelesaikan masalah.

Kedua, balas kejahatannya dengan kebaikan. Karena kejahatan tidak akan berubah dengan kejahatan kita. Tapi kejahatan akan berubah dengan kebaikan.

[Lihat video di www.madanitv.net]
Ketiga, Beri hadiah untuknya. Karena memberi hadiah bisa melembutkan jiwa. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga pernah bersabda bahwa memberi hadiah bisa menumbuhkan kecintaan.
Keempat, doakan kebaikan untuk tetangga kita, karena baiknya buruknya tetangga mengganggu kenyamanan keluarga kita. Wallahu A’lam.

Sumber : voa-islam.com

Salut! Bocah 9 Tahun ini Rela Jadi Buruh Bangunan Demi Sang Ibu

Selayaknya anak berusia 9 tahun, seharusnya dia masih belajar dan bermain dengan ceria bersama kawan-kawan sebayanya di Sekolah Dasar. Tapi lain halnya dengan Yopi. Bocah asal Malang, Jawa Timur sudah harus bekerja keras banting tulang sebagai buruh bangunan demi menghidupi ibunya.



Kisah Yopi yang tangguh ini menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh Pengguna Facebook bernama Supic Smoot di Akun Komunitas Warga Malang, seperti yang dilansir brilio.net Rabu (25/5). "YOPI ..9 tahun.. udah g sekolah lagi banting tulang demi ibu tercinta...admin kalau g berkenan mohon dihapus......," tulis Supic pada unggahannya tersebut disertai tiga foto saat Yopi bekerja sebagai buruh bangunan membangun gorong-gorong di daerah Kemantren, Klayatan, Malang.

Unggahan itu kemudian mendapat banyak sekali komentar yang mendoakan kehidupan Yopi di masa depan. "semoga dilancarkan kehidupan anak itu," tulis Bayoe di kolom komentar. "Semoga diberi kelancaran rizekinya," sambung Aulia.

Nggak hanya itu, para netizen juga mencari tahu alamat lengkap Yopi dan keluarganya yang oleh pengunggah disebut di daerah Wagir, Malang. Mereka berinisiatif memeberikan bantuan kepada Yopi dengan maksud untuk meringankan beban hidupnya.

Sumber: brilio.net

Sabtu, 28 Mei 2016

Kisah Rafidah Helmi Lulus Kedokteran Di Usia 17 Tahun Termuda Se-Indonesia

Rafidah Helmi, gadis asal Sukabumi berusia 17 tahun 8 bulan ini terlihat tersenyum di antara para wisudawan Unissula Semarang yang menunggu dipanggil namanya. Tiba gilirannya, Rafidah disebut namanya dan ia dinyatakan resmi lulus sebagai sarjana kedokteran termuda se-Indonesia.


Mendengar usia Rafidah disebut pembawa acara, tepuk tangan pun riuh di aula Fakultas Kedokteran Unissula. Gadis kelahiran 31 Juli 1998 ini memang memiliki otak cerdas sejak lahir. Putri ketiga dari pasangan AKBP (purnawirawan) Helmi dan Rofiah tersebut sudah terbiasa dengan kedisiplinan yang mengalir dari ayahnya.

Perjalanan akademiknya pun bisa dibilang unik dan ngebut, karena ketika dulu ia diterima di TK Kemala Bhayangkari Secapa Polri Sukabumi, ia hanya menjalani kelas nol kecil selama sehari dan langsung naik kelas nol besar.

Karena kecerdasannya, pada usia 4 tahun 10 bulan, Rafidah sudah masuk ke SD Sriwidari Sukabumi. Bangku SD dilaluinya selama 5 tahun karena masuk program akselerasi. Begitu juga ketika duduk di bangku SMP dan SMA, ia menyelesaikannya masing-masing hanya 2 tahun. Ia kemudian mendaftar ke Unissula dan menjadi mahasiswa pada usia 14 tahun.
. "Dari SD, SMP, dan SMA akselerasi. SD 5 tahun, SMP dan SMA 2 tahun," kata Rafidah usai wisuda ke-71 Unissula, Senin (18/4/2016).

Awalnya ia ingin menjadi guru, namun ia berketetapan hati ingin menjadi dokter karena kakak pertamanya, Riana Helmi lulus dari kedokteran UGM bahkan lulus sebagai sarjana kedokteran termuda yaitu 17 tahun 11 bulan dan tercatat di rekor Muri. Meski lulus lebih cepat, namun Rafidah belum tercatat Muri.
. "Bukan rekornya yang penting, tapi ilmunya," tandasnya.

Lalu apa rahasianya ia dan kakaknya bisa sampai menoreh prestasi seperti itu? Rafidah mengaku tidak ada yang istimewa, ia juga sering bermain dan belajar tanpa tekanan. Yang terpenting menurutnya menetapkan tujuan dari awal.
. "Selagi muda belajar, berusaha raih cita-cita dan menetapkan tujuan dari awal. Saya di rumah ya biasa saja, sering main juga," tanda gadis yang akan fokus Koas setelah ini.

Lanjutannya ada dikomentar 👇 | @kisahsemangat
kisahsemangatSementara itu ayah Rafidah, Helmi mengaku tidak ada metode khusus untuk mendidik tiga putrinya, Riana Helmi, Rosalina Helmi, dan Rafidah Helmi. Mereka bertiga memang punya keinginan kuat untuk menempuh pendidikan untuk menjadi dokter.
. "Ya seperti biasa, ikut bimbingan belajar biasa. Dia (Rafidah) itu seperti anak biasa, main, terus kalau bosan ya belajar," kata Helmi.
.
Dosen di sekolah polisi di Sukabumi itu juga memberikan tips agar para orang tua membina anak-anak hingga lulus SD, dijenjang berikutnya anak-anak membina dirinya sendiri namun tetap didampingi orang tua.
. "TK sampai SD itu kita (orang tua) bina. SMP dan SMA itu mulai membina dirinya sendiri. Anak itu tidak boleh ditarget, beban dia, orang kalau dikasih beban kan malah lamban," terang Helmi.
. "Saya tidak mengarahkan anak saya, mereka ingin sendiri. Kalau yang kedua dan ketiga itu memang ingin mengikuti jejak kakak pertama," imbuhnya.
.
Ibu Rofidah, Rofiah menambahkan, dalam mendidik tiga putrinya, ia membagi tugas dengan suami. Sang ayah melakukan tugas pendidikan di luar rumah seperti les, mencari sekolahan, dan sebagainya. Sedangkan pendidikan di rumah Rofiah yang melakukan.
. "Kita selalu bagi tugas, saya sama bapaknya. Saya urusan di dalam, kalau anak-anak kesulitan belajar di rumah, saya yang membantu," kata Rofiah.

Sumber: detik.com

Ini Dia Solusi Terbaik Saat Rezeki Sempit Atau Berkurang

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.


Sesungguhnya rizki ada di tangan Allah semata. Dia lapangkan dan menyempitkan rizki bagi siapa yang Dia kehendaki. Pastinya dengan hikmah dan keadilan-Nya. Maka betatapun usaha dilakoni seseorang dalam mencari rizki, tidak diperolehnya kecuali sesuai dengan apa yang telah Allah tetapkan untuknya. Sebaliknya, betapa besar usaha orang untuk menghalangi sampainya rizki kepadanya maka rizki itu akan tetap diperolehnya sebagaimana tidak ada penghalangnya.

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّ اللَّهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

"Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan (rezeki itu). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman." (QS. Al-Ruum: 37)

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengajari zikir sesudah shalat,
اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ

"Ya Allah, tidak ada yang bisa mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang bisa memberi apa yang Engkau cegah." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Imam al-Thabrani meriwayatkan dalam al-Kabirnya, dari Abu Darda' Radhiyallahu 'Anhu, dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam beliau bersabda,

إن الرِّزق ليَطْلب العبد أكثر مما يطلبه أجَلُه

"Sesungguhnya rizki mencari hamba lebih banyak daripada ajal mencarinya." (Dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami')

Sesungguhnya jatah rizki seperti jatah umur. Tidak akan habis, jika belum sampai habis ajal. Sehingga kita tidak akan terlalu bersedih dan berduka dalam kehidupan dunia ini. Walau harus tetap berusaha dengan mempercayakan kepada Allah.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Wahai manusia, bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah dalam mencari rizki! Ketahuilah, sesungguhnya seorang jiwa tidak akan mati kecuali telah sempurna rizkinya. Maka bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah dalam mencari rizki. Ambil yang halal dan tinggalkan yang haram." (Disebutkan Al-Albani dalam al-Silsilah al-Shahihah no. 2866)

Maka kewajiban hamba dalam rizki ini ada dua perkara: Pertama, mengusahakan sebab yang dibolehkan syariat untuk memperoleh rizki yang halal. Kedua, ridha dengan pembagian Allah kepadanya karena hakikat ketetapan Allah atas hamba mukmin adalah baik. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

"Sungguh menakjubkan urusan urusan seorang mukmin. Sesungguhnya seluruh urusannya adalah baik; ?dan itu tidak dimiliki kecuali orang mukmin. Jika ia mendapat kelapangan, ia bersyukur, maka itu baik baginya. Jika mendapat kesulitan/kesusahan, ia bersyukur, maka itu baik baginya." (HR. Muslim)

Hakikat Kebahagiaan Hidup di Dunia
Perlu dipahami, hakikat kebahagiaan di dunia ini bukan semata dengan banyaknya harta. Sesungguhnya kebahagiaan itu dengan iman, qana'ah, dan ridha dengan pembagian Allah Ta'ala. Hal ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala,

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-Nahl: 97)

Balasan Hayah Thayyibah berlaku pada kehidupan dunia. Bentuknya berupa tenangannya hati dan tentramnya jiwa serta tidak disibukkan dengan godaan-godaan yang memalingkan hatinya. Bentuk lainnya, Allah memberikan rizki yang halal lagi baik kepadanya dari jalan yang tak disangka-sangka.
Ali bin Abi Thalib menafsirkannya dengan qana'ah (merasa cukup dan ridha dengan pemberian Allah).

Al-Dhahak berkata, "Ia (hayah thayyibah) adalah rizki halal dan ibadah di dunia." Dalam perkataan beliau yang lain, "Ia adalah amal ketaatan dan senang dengannya." Namun yang benar menurut Ibnu Katsir, Hayah Thayyibah mencakup semua ini secara keseluruhan. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits shahih, "Sungguh beruntung orang yang telah masuk islam, diberi rizki yang cukup, dan diberikan rasa cukup (qana'ah) oleh Allah atas apa yang telah diberikan kepadanya." (HR. Muslim, al-Tirmidzi dan Ahmad)

Saat Rizki Berkurang
Sesungguhnya dunia di sisi Allah tidak memiliki nilai lebih. Bahkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah membuat permisalan, dunia lebih hina daripada bangkai anak kambing yang cacat. Dan jika dunia itu memiliki nilai di sisi Allah seberat sayap nyamuk niscaya orang kafir tidak akan diberi minum di dunia ini. (HR. Ibnu Majah)

Maka sesuatu yang hina tidaklah layak memalingkan kita dari akhirat dan mempersipakan bekal perjumpaan dengan Allah 'Azza wa Jalla. Saat ia berkurang atau hilang tidaklah boleh menjadikan kita kehilangan harapan kenikmatan yang abadi di surga. Maka janganlah terlampau sedih dan berduka saat dunia berkurang. Jangan putus asa dan merasa menjadi orang sengsara. Lihatlah orang lain yang taraf ekonominya di bawahmu -dan jangan pandang yang di atasmu-, niscaya kamu akan mendapati nikmat Allah ada padamu. Yakinlah, jika engkau sekarang fakir maka banyak orang yang hidupnya terbebani dengan hutang-hutang. Jika jumlah harta yang ada di tanganmu sedikit, maka ketahuilah bahwa ada orang selainmu yang kehilangan harta, kesehatan, dan anaknya. Ridhalah dengan takdir Allah dalam pembagian rizki ini. Ketahuilah, Allah hanya menghendaki kebaikan untukmu dalam takdir-Nya ini.

Saat mendapati hidup yang sempit dan kekurangan rizki ada beberapa sikap yang harus diambil: Pertama, menambah sifat qana'ah.

Kedua, mengusahakan sebab rizki sambil bertawakkal kepada Allah Ta'ala.
Ketiga, melaporkan kesusahannya kepada Allah dengan berdoa dan bersimpuh di hadapan-Nya dalam shalat, khususnya pada qiyamulail di sepertiga malam terakhir. Saat itu Allah turun ke langit dunia dan menawarkan kepada para hamba-Nya: Siapa yang mau berdoa kepada-Ku niscaya aku kabulkan doanya, Siapa yang meminta kepada-Ku siscaya aku beri permintaannya, siapa yang memohon ampun kepada-Ku niscara Aku mengampuninya.

Allah 'Azza wa Jalla  berfirman,

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى

"Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kami lah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa." (QS. Thaahaa: 132)

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan riwayat yang menunjukkan bahwa shalat dalam ayat di atas adalah shalat malam. Kemudian beliau berkata, "Yakni apabila kamu tegakkan shalat maka rizki akan datang kepadamu dari jalan yang tak pernah kamu sangka-sangka."

Keempat, meningkatkan taubat dan memperbanyak istighfar. Karena maksiat itu menjadi sebab sempitnya rizki dan datangnya kesulitan. Hal ini sebagaimana dikabarkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Sesungguhnya seseorang diharamkan rizki disebabkan dosa yang dilakukannya." (HR. Ahmad dan selainnya)

Allah Ta'ala berfirman tentang petuah Nabi Nuh 'alaihis salam kepada umatnya agar banyak istighfar,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

"Maka aku katakan kepada mereka: "Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat,dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai"." (QS. Nuuh: 10-12)

Allah menerangkan tentang titah Nabi Hud kepada kaumnya untuk istighfar, ia menjadi sebab bertambahnya kekuatan fisik dan turunnya rizki,

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَى قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

"Dan (Hud berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa"." (QS. Huud: 52)

Dalam hadits disebutkan,

 مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

"Siapa yang kontinyu beristighfar maka Allah jadikan baginya jalan keluar dari setiap kesulitannya, kesudahan dari setiap kesedihannya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka." (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Selanjutnya isi kehidupan dengan ketaatan dan kebaikan. Sesungguhnya karunia Allah didapatkan dengan ketaatan dan suka berbuat baik kepada sesama. Sebaliknya kemaksiatan dan sikap buruk kepada orang merupakan sebab kesulitan dan kesusahan. Karena sesunggguhnya balasan sesuai dengan jenis amal. Wallahu Ta'ala A'lam.

Sumber : voa-islam.com

Tidak usah Takut sama Cangkul Takutlah Kepada Allah, yang Masih Pacaran Baca ini Sebentar !

Dear Aktivis Pacaran... Dear aktivis pacaran, ketika nasehat tak lagi mempan, itu tanda hati sudah karatan



Dear aktivis pacaran, sebagian lagi sudah tidak ingat akan masa depan, ya sudah akhirnya kebablasan

Dear aktivis pacaran, kalau diingatkan, katanya mereka pacaran untuk seleksi pernikahan

Dear aktivis pacaran, pelakunya kan anak-anak smp-sma masih ingusan, masa iya mereka mikirin pernikahan?

Dear aktivitis pacaran, nafsu belang kamu sudah ketahuan hanya jadikan pacaran sebagai having fun

Dear aktivis pacaran, awalnya kamu mungkin bilang ini aman, tapi akhirnya kehormatan dan keperawanan jadi korban

Dear aktivis pacaran, yuk taubati kemaksiatan pacaran, pikirkan masa depan, jaga kehormatan

Dear aktivis pacaran, mungkin nasehat seperti ini sudah seringkali kau dengarkan tapi kami pun tak bosan mengingatkan

Dear aktivis pacaran, akhirnya kami hanya bisa berpesan, jodoh adalah cerminan

Dear aktivis pacaran, jika saat ini kau gadaikan masa depan dengan pacaran maka jangan salahkan, mungkin itulah jodohmu yang sepadan

Kalau Cinta ya Halalin jangan Pacarin ! 

“Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (Al-Israa’: 32)

Ini Dia Hak Istri yang Wajib Di Penuhi Oleh Suami

Di antara hak seorang istri yang harus dipenuhi suami adalah memberikan pendidikan dan pengajaran agama. Dengan memahami dan mengamalkan agamanya, seorang akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.


Allah azza wa jalla berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At-Tahrim 66: 6)

Menjaga keluarga dari api neraka mengandung maksud agar menasihati mereka agar taat, bertakwa kepada Allah azza wa jalla dan mentauhidkan-Nya serta menjauhkan syirik, mengajarkan kepada mereka tentang syariat Islam, dan tentang adab-adabnya.

Untuk itulah, menjadi kewajiban seorang suami agar membekali diri sendiri dengan thalabul 'ilmi, yakni.menuntut ilmu syar'i, dengan menghadiri majelis ilmu yang mengajarkan al-Qur'an dan juga as-Sunnah. Sehingga dengan bekal itu dia mampu mengajarkan apa-apa uang disyariakan-Nya kepada istri dan keluarga.

Jika ia tidak sanggup untuk mengajarkannya, hendaklah seorang suami mengajak istri dan anaknya untuk sama2 hadir di majelis ilmu yang mengajarkan Islam berdasarkan al-Qur'an dan as-Sunnah, mendengarkan apa yang disampaikan, memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan hadirnya suami-istri di majelis ilmu akan menjadikan mereka sekeluarga dapat memahami Islam dengan benar, beribadah dengan ikhlas menghadapkan wajah Allah semata serta senantiasa meneladani Rasulullah s.a.w. Insya Allah, hal ini akan memberikan manfaat dan berkah yang sangat banyak karena suami maupun istri saling memahami hak dan kewajiban masing-masing sebagai hamba Allah.

Kisah Rio Haryanto, Kenapa Rio Pasang Ayat Kursi Di Mobil Formula One

Banyak pembalap di dunia yang memiliki kekhasan saat mereka akan melalui pertarungan di lintasan. Ini tak terkecuali untuk pembalap Indonesia, Rio Haryanto.


Pemalap asal Solo, Jawa Tengah, yang menjadi perhatian karena untuk kali pertama wakil dari Indonesia di pentas paling bergengsi dalam dunia balap internasional ini dikenal punya kekhasan memasang tempelan ayat kursi di ruang duduknya.

. "Memang dari dulu saya menempelkan ayat kursi," ujar pebalap berusia 22 tahun yang pada musim ini mengaku menargetkan untuk terus beradaptasi dan belajar dengan tunggangannya.

Menurut Rio, ayat kursi yang merupakan potongan dari surat Al Baqarah dan mengibaratkan bumi dan langit sebagai singgasana Allah penanda keesaan-Nya, membuat dia merasa tenang.

. "Ayat kursi itu membuat saya merasa tenang. Ya yang pasti, mudah-mudahan, selalu diberikan keselamatan. Yang pasti berdoa," ujarnya.

Sumber: otosia.com

Subhanallah, Inilah Manfaat Dzikir Bagi Wanita Hamil

Manfaat Dzikir Untuk Ibu Hamil. Adapun  beberapa manfaat dzikir bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya adalah sebagai berikut :


Menyembuhkan Sakit
Sebagaimana kita ketahui, ibu hamil sering mengalami sakit, baik secara fisik maupun psikis. Secara fisik, ibu hamil biasanya mengalami nyeri perut, muntah-muntah, pusing, kelelahan, dan lain sebagainya. Sedangkan secara psikis, kejiwaan ibu hamil relative labil dan mudah stress karena perubahan hormone. Dalam islam, berbagai penyakit ibu hamil tersebut dapat disembuhkan dengan dzikir.

Rasulullah Saw, bersabda:
“Menyebut Allah adalah salah satu penyembuhan dan menyebut tentang manusia adalah penyakit(artinya penyakit akhlak).” (HR. Baihaqi)

Berdzikir dapat membawa ketenangan bagi pengamalnya. Dalam hal ini, bacaan dzikir akan terlebih dahulu memberikan ketenangan bagi ibu hamil (secara psikologis). Kemudian, ketenangan hati tersebut memotivasi tubuh si ibu hamil agar selalu bersemangat. Sehingga, ia mampu menjalankan masa kehamilannya.

Ibu hamil yang sering merasa letih dan lemah sehigga tidak optimis dalam menjalani masa kehamilan sangat dianjurkan untuk rajin berdzikir. Sebab, berdzikir dapat menghapus kelelahan. Hal ini pernah dilakukan oleh siti Fatimah, putrid Rasulullah Saw. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut:
“Bahwa, Fatimah mengeluhkan tangannya (yang  terluka) akibat alat penumbuk biji-bijian. Dan Rasulullah Saw, mendapatkan seorang seorang tawanan ( untuk dijadikan pelayan). Maka, berangkatlah Fatimah menemui Rasulullah Saw., tetapi ia tidak menjumpai beliau dan bertemu dengan Aisyah. Lalu, diceritakanlah maksud kedatangannya kepada Aisyah. Ketika Rasulullah Saw, datang, Aisyah menceritakan kepada beliau tentang kedatangan Fatimah. Rasulullah Saw, segera menemui kami saat kami telah berbaring di tempat tidur. Kemudian kami pun beranjak bangun ingin menghampiri beliau, tetapi Rasulullah Saw. Berkata .’Tetaplah di tempat kalian!’ Lalu, beliau duduk di antara kami berdua, sehingga aku dapat merasakan di dadaku dinginnya telapak tangan beliau. Kemudian, beliau bersabda,’Maukah kamu berdua aku ajarkan sesuatu yang lebih baik dari pada apa yang kamu berdua minta, yaitu ketika kalian hendak berbaring ke tempat tidur. Bacalah takbir sebanyak sebanyak tiga puluh empat kali, Tasbih sebanyak tiga puluh tiga kali, serta Tahmid sebanyak tiga puluh tiga kali. Karena, hal itu lebih baik bagi kamu berdua dari pada seorang pelayan.”(HR. Muslim)

Di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi, Rasulullah Saw. Menyebutkan bahwa dzikir bisa berfungsi sebagai obat. Sementara di dalam al-Qur’an, Allah Swt, menegaskan bahwa menyebut Allah (dzikir) dapat melembutkan hati sebagaimana firman-Nya berikut:
“….. Dan, sebutlah (nama) Allah Sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS.al-Anfaal [8]: 45)

Jumat, 27 Mei 2016

Kisah Inspiratif : Dokter yang Tak Memasang Tarif, Pasien bayar Seikhlasnya

Sebuah bangunan tua di kawasan Jln. Puri Medan, Kelurahan Komat, Kecamatan Medan Area, Medan Sumatera Utara, kerap didatangi orang-orang untuk berobat.


Dialah Prof. Dr. Aznan Lelo Ph.D, Sp.FK adalah guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU). Beliau membuka praktik tanpa memasang papan nama, kepada pasiennya dia tidak memasang tarif. Pasien membayar jasa konsultasi dan obat racikannya sesuka hati. Resepnya untuk obat apotek pun terjangkau.

Dari pengakuannya, dia tidak punya rumah sendiri. Memang ada satu rumah BTN yang dibelinya secara kredit sejak 1981 di kawasan Johor, tapi tidak sempat ia nikmati. Selama ini dia tinggal di rumah mertuanya dan di rumah dinas USU.

Aznan yang tak terlalu bernafsu memikirkan harta duniawi. Prinsip hidupnya sederhana, "Aku yang penting tak ada utang, itu saja prinsipku."

Prinsip itu telah tertanam di dalam dirinya sejak kecil. Hingga dewasa, prinsip itu terus dia pegang menjadi keyakinan.

Dokter bagi aznan, adalah profesi yang tidak boleh menetapkan tarif jasa pembayaran. Sama halnya seperti dua profesi lainnya, yakni pengacara dan guru.

"Yang datang ke pengacara itu kan orang meminta nasihat, datang ke guru karena orang mau belajar, datang ke dokter karena orang mau minta pengobatan. Terkecuali karena ilmu kita dia jadi pintar, lalu dia kaya, terus dia memberikan sesuatu tidak kita minta, boleh. Jadi, tiga profesi ini mestinya tak boleh membuat tarif," katanya.

Aznan mengaku pasti, prinsip dia diragukan orang. Bagaimana ia membiayai hidup keluarga dan menyekolahkan anaknya hingga ketiga anaknya meraih sarjana?

"Kalau aku boleh kasih nasihat sama kawan-kawan dokter, jangan tiru aku. Kalau pun mau kan sudah kujelaskan tadi, bahwa harus yakin dulu dengan ke-Islaman. Bahwa Islam itu rahmatan lil `aalamin (rahmat bagi seluruh alam).

Semoga kisah beliau bisa menginspirasi buat para dokter dan calon-calon dokter ya 👍

Sumber: WartaPunyaMedan |

Kebakaran Hebat!! Bangunan yang Di Huni Seorang Penghafal Qur'an ini Masih Utuh Tak Tersentuh Api

Kejadian ini terjadi di Mesir. Sebuah apartment 5 tingkat mulai terbakar hampir lewat tengah malam.


Semua penghuni bangunan tersebut sangat terkejut dan bergegas menyelamatkan diri masing-masing, meninggalkan barang dalam rumah mereka, sehelai sepinggang, dan menyaksikan api dgn maraknya menjilat hampir semua rumah dibangunan tersebut.

Saat terbit matahari, bangunan itu masih juga terbakar, (lihat gambar).
Masing-masing melihat kediaman mereka dan barang yg di dalamnya hangus dijilat api. Mereka tak sempat berbuat apa-apa.

Tetapi, dengan kuasa ALLAH!
SUBHANALLAH...
Rumah no.13, seolah-olah tidak disentuh api. Sedangkan rumah diatas dan dibawahnya juga terbakar dijilat api.

Saat api sudah reda dan berhasil dipadamkan, masing-masing masuk melihat keadaan rumah mereka yg sudah hangus.

Tetapi Mohamed and Munir yang tinggal di rumah no.13, amat terkejut. Keadaan dalam rumah mereka tidak disentuh Api!
Ramai sahabat dan jiran datang utk menyaksikan kejadian yg yang sukar dipercaya ini. Sungguh ajaib.
.
Apa yg mereka dapati, rumah mereka selamat, dan Al-Quran yang sedang tersusun di kabinet kekal seperti ditinggalkan.

Mohamed dan Munir adalah penghafal Al-Quran, dan mereka berusaha mengulang hafal paling kurang satu surah sehari.
Sebuah Al-Quran masih lagi terbuka di atas meja dihadapan mereka yang digunakan utk mengajar anaknya malam tadi dan terpaksa ditinggalkan sewaktu bergegas meninggalkankan apartment mereka.

Malah mereka juga terkejut dgn barang dalam rumah dan Al-Quran tersebut yg tidak disentuh api.
Allah Maha Berkuasa!!
Allah menyelamatkan Al-Quran dan harta mereka bila ia digunakan utk sepatutnya.

Mukjizat Al-Quran sebagai kalimah Allah yg sangat penting ini masih berdiri dan sering dilupakan dicelah-celah rak buku di rumah kita. 😔

Di dunia ALLAH telah menunjukkan, interaksi kita dengan Al-Quran bisa menyelamatkan kita dari kebakaran.

ALLAHUAKBAR!

Semoga Allah mengampun dan merahmati kita.
Aamiin Yaa Rabbal'allamin

Sumber: FP Mahasiswa Madinah

Kamis, 26 Mei 2016

Pengertian Dzikir Dan Keutamaanya

Dzikir merupakan salah satu perintah dalam Al-Qur’an, yang pelaksanaanya bisa dengan berbagai cara, seperti dzikir sehabis shalat, ketika bekerja, dan lain-lain. Di dalam dzikir, terkandung hikmah yang besar, yang apabila dilakukan secara tulus dan ikhlas dapat membantu pengamalnya (terutama ibu hamil) menjadi pribadi yang baik, serta dikaruniai anak yang shalih dan shalihah.


Kata dzikir berarti menyebut , mengucap, memuji, dan mengingat Allah Swt. Dzikir sangat dianjurkan oleh Allah karena termasuk sarana mendekatkan diri kepada-Nya.

Allah berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman. Berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS.al-al-Ahzab [33]:41).

Selain ayat tersebut, Allah Swt juga memperingatkan umat Islam agar jangan terlalu sibuk bekerja dan mengurus anak sehingga membuat kita lalai dalam berdzikir kepada-Nya. Sebab, hal tersebut sangat tidak disukai oleh Allah Swt. Dengan demikian, seseorang yang tidak berdzikir merupakan orang-orang yang rugi dalam kehidupannya.

Allah Swt. Berfirman:
“Hai, orang-orang beriman. Janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikanmu dari mengingat Allah. Barang siapa yang berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang merugi.” (QS.al-Munaafiquun[63]: 9)

Bagi seorang muslim, tidak sempurna ibadahnya jika belum berdzikir . dzikir merupakan salah satu bukti keshalihan seorang muslim, dan ketika melakukannya maka bertambahlah kedekatannya kepada Allah Swt. Terlebih, dzikir yang dilakukan dengan khusyuk dan penuh harap, disertai sikap khauf dan raja’ yang tinggi, penuh keikhlasan dan hanya mengharap ridha-Nya, maka orang itu akan memperoleh ketentraman dan kedamaian jiwa.

Dzikir merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah Saw.,bahkan salah satu amalan hidup beliau yang tidak pernah ditinggalkan. Bagi beliau, tiada hari tanpa dzikir, dan tiada jalan hidup yang dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt, serta dapat menentramkan hari selain dengan berdzikir.

Rasulullah Saw, mengamalkan dzikir dan mengajarkannya kepada umatnya. Bukan tanpa sebab dan tanpa tujuan, bukan pula dzikir diajarkan sebagai pelengkap ibadah sehabis shalat saja. Tetapi, dzikir diajarkan oleh Allah Swt. Kepada beliau agar menjadi sarana untuk mendekatkan makhluk kepada Tuhannya.

Di dalam al-Qur’an telah disebutkan bahwa dzikir dapat dilakukan kapan dan di mana pun berada, baik secara lisan maupun hati. Mengenai ini, Allah Swt, berfirman:

“…Ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring…” (QS.an-Anisa’ [4]: 103)

Dengan demikian, dzikir bagi ibu hamil dapat dilakukan sewaktu-waktu; pada malam hari, siang hari, di daratan, lautan, saat dalam perjalanan, atau ketika sedang di rumah, sementara itu, cara berdzikir sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Ibnu Utsaimin dalam Syarah Riyadhus Shalihin, ialah dengan tiga cara, yaitu dzikir dengan hati, lisan, dan anggota badan.

Dzikir dengan hati adalah dengan merenungkan keagungan nama-nama dan  sifat-sifat Allah Swt. (seperti Asmaul Husna), serta menyelami kesempurnaan hukum-hukum dan kebesaran  ayat-ayatNya. Sedangkan dzikir dengan lisan, di antaranya membaca tasbih, tahlil, takbir, istighfar, dan lain sebagainya. Sedangkan dzikir dengan anggota badan ialah segala perbuatan yang mendekatkan diri kepada Allah Swt., seperti mendirikan shalat, ruku, sujud, dan lain-lain.

Meskipun dzikir tidak dilakukan dengan berbagai cara, namun tidak cukup bila dzikir hanya dilaksanakan dengan lisan. Tentunya, akan sangat berkurang manfaat dan keutamaannya jika ada orang yang dzikir hingga ribuan, tetapi ia tetap melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan agama. Karena iman adalah sesuatu yang di ucapkan dengan lisan, di benarkan dengan hati dan diamalkan dalam tindakan perbuatan, maka dzikir sebagai manifestasi dari keimanan, semestinya juga dilakukan secara lahir, hati dan  dibuktikan dengan tindakan.

Maka, apabila seorang ibu hamil ingin hatinya tenang dan tenteram, yang tentunya juga berdampak bagi janinnya, berdzikir tidak hanya diucapkan dengan lisan. Akan tetapi, dzikir juga direnungkan dan dihayati dalam jiwa, kemudian termanifestasi dalam tindakan dan perilaku sehari-sehari. Inilah sebenar-benarnya dzikir mampu membuat hati seseorang dekat kepada Allah Swt., yang dampaknya bisa membawa ketentraman. Oleh karena itu, dzikir yang dilakukan tidak boleh setengah-setengah, dzikir yang diucapkan harus mampu mempengaruhi semua tindak tanduk kita. Jangan sampai di mulut melakukan dzikir dengan nyaring, tetapi tidak paham yang diucapkan. Sebab, dzikir semacam ini tidak akan membekas sama sekali di hati dan perbuatan kita.

Pada hakikatnya, dzikir dapat dilakukan oleh seluruh anggota tubuh, termasuk janin dalam kandungan. Hal tersebut seperti seluruh alam semesta berdzikir kepada Allah Swt. Allah Swt. Berfirman:
“Apakah kamu tiada mengetahui bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, bumi, matahari, bulan, bintang, gunun, pepohonan, binatang-binatang yang melata, dan sebagian besar dari pada manusia? Dan, banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Serta, barang siapa yang hinakan Allah, maka tidak seorang pun yang memuliakannya. Sesungguhnya, Allah berbuat apa yang Dia Kehendaki.” (QS.al-Hajj [22]: 18).

Dzikir yang sering diucapkan oleh ibu hamil dapat menjauhkan diri dan anak yang di kandungnya dari azab Allah. Kelak, ketika dilahirkan ke dunia, anak tersebut menjadi anak yang pandai berdzikir, karena shalih dan shalihah. Oleh karena itu, sebaiknya, ibu hamil sering berdzikir, baik siang maupun malam dan secara lisan maupun dalam hati.

Kalau Cinta Pasti Halalin Bukan Pacarin

Engkau yang kini berstatuskan PACARAN pernahkah terlintas di benakmu untuk menanyakan pertanyaan ini kepada kekasih dan pujaan hatimu? .
Pernahkah terlintas dibenakmu untuk bertanya mau dibawa kemana semua ini?



Lalu apa jawaban yang engkau dapat dari pertanyaanmu itu?

Sudahkah dia menjawab sesuai keinginanmu?

Sesuai harapanmu? .

Sebagian orang akan mendapatkan jawaban yang sama
. "Jalani saja dulu kita kan ngak tau akan berjodoh atau tidak"

Mungkin di kiranya hati ini metromini kali di suruh ngejalanin sampai stasiun pemberhentian
. "Masih muda ngapain sih cepat cepat nikah mau dikasi makan apa nanti"

Ngak sadar ya kalau Allah Maha Pemurah Dia pemberi segala rizki sungguh itu alasan klise
. "Kalau ada rezeki insyaAllah sampai pelaminan"

Nah loh, kalau ngak ada rizki ngak kepelaminan dong? .
Kalau cinta pasti HALALIN bukan PACARIN
Karna kau terlalu berharga untuk di seret kelembah dosa

Kalau sayang pasti HALALIN bukan HAMILIN
Karna dia tau kehormatanmu lebih berharga dari apapun

Lelaki sejati tak akan pernah mengajakmu PACARAN tapi mengajakmu ke PELAMINAN

Lelaki sejati tak akan pernah MENGHANCURKANMU tetapi dia akan MEMULIAKANMU semampunya

Dan wanita sejati akan mampu menahan godaan untuk tidak PACARAN

Astaghfirullah, Kita lebih sering mengingat hari Lahir ketimbang hari Akhir (Renungan Untuk Kita Semua)

Astaghfirullah, Kita lebih sering mengingat hari Lahir ketimbang hari Akhir (Renungan Untuk Kita Semua). Padahal tidak ada ulang tahun dalam Islam. Walaupun dilabeli dengan ucapan selamat ulang tahun,Selamat milad,Barakallahu fii umurik seakan akan agar kelihatan lebih Islami.



Rasulullah SAW dan para sahabatnya tidak pernah sekalipun merayakan dan mengajarkan perihal ulang tahun.

Ulang tahun itu kebiasaan kaum siapa ?

Sebagaimana sabda beliau :
"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum,maka dia termaksuk ke dalam kaum tersebut"
(HR.Ahmad 2:50 dan Abu Daud no.4031). Ingatlah sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasulullah.

Ulang tahun bukan untuk dirayakan, dan bukan untuk diselamati.
Karena sebagai seorang muslim kita dituntut untuk selalu Muhassabah diri kita setiap hari dan selalu mengingat akan perkara Mati.

Maka dari itu sahabat,
Kau tak perlu repot lagi untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun, tak perlu kau belikan kado atas berkurangnya umurku,serta membuat kejutan dan traktiran atas hari lahirku.
Tapi aku perlu doa serta nasihat darimu.

Sikap yang harus dilakukan dalam menghadapi ulang tahun adalah,tidak mengadakan perayaan khusus (biasa2 saja),mensyukuri nikmat Allah.Sebaiknya dilakukan setiap hari bukan setiap tahun.

Sekarang kamu sudah mengetahui bahwa tidak ada ulang tahun dalam Islam.

Kamu wajib sami'na wa atho'na (kami dengar dan kami taat)

Self Reminder

Hati Hati Provokasi Kaum Kafir "Lebih Baik Tidak Berjilbab, Daripada Berjilbab Tapi Biadab

Salah satu Ghazwul Fikri/Perang Pemikiran orang yg anti islam & org-org kafir untuk menyesatkan dan meracuni pemikiran Muslim/Muslimah melalui gambar-gambar diatas, Khususnya untuk Muslimah agar memiliki persepsi:


LEBIH BAIK TIDAK BERJILBAB, DARIPADA BERJILBAB tapi BIADAB

Subhanallah..

Ketika Pakaian istri Nabi dan kaum muslimah yg indah mulia mereka hina?
Kita terima???
Kemudian kita disuruh lebih menerima yg tidak berjilbab syar'i tapi memegang Al-Qur'an saja?
Padahal Al-Qur'an hanya dilihat saja, tapi tidak di tunaikan isi perintahnya.

Sahabat Muslimah, mari kita ubah pemikiran ini dgn;

BERHIJAB AGAR DIJAUHKAN DARI SIFAT BIADAB

Ketahuilah sahabat dari tiga hal ini ketika berjilbab:
1. Kewajiban
Jilbab Syar'i itu adalah kewajiban, seruan dari Allah. Tertulis jelas dan terang didalam Al-Qur'an berkali kali sudah @Mozaik_Islam paparkan didalam tiap caption kpd sahabat.

2. Pembentukan Akhlak,
Itulah yg namanya pembentukan pribadi islami dan dibentuk melalui usaha dan istiqomah.

3. Ibadah kepada Allah,
Saat berjilbab syar'i dgn ikhlas Lillahi Ta'ala Insya Allah akan tumbuh sifat-sifat yg tawadhu, rasa cinta kepada Allah, perasaan bangga pada islam, ingin menjadi pribadi yg baik & maju kedepan, dan tentunya akan jauh dari perasaan "GALAU" Insya Allah.

Org-org yg istiqomah berhijab tidak sembarangan, apalagi seperti gambar yg di tujukan diatas, merokok. NO!

Pernah dengar di Prancis, yg wanita-wanita berhijab di fitnah oleh orang non-muslim Paris?
Mereka sengaja berjilbab hitam-hitam dan berniqab kemudian masuk ke toko-toko membeli minuman Alkohol, dan mereka membawa botol bir alkohol itu sambil merokok ditoko-toko.
Itu semua supaya apa? Supaya orang berpandangan BURUK terhadap Islam. Subhanallah..

Sahabat, Jngan mudah menerima hal-hal yg datang dari luar pemikiran Islam. Islam ini mulia didalamnya penuh kebaikan.
Jikapun belum bisa mengerjakannya, MAKA BERBAIK SANGKA-lah dahulu terhadap agama kita sendiri.

Jangan mau di racuni oleh 3F org-org yg anti islam (Fun, Food, Fashion)
JANGAN TERPROVOKASI

Beberapa Cara yang bisa di Lakukan Untuk Melindungi Si Kecil Dari Gangguan Setan

Sebagai makhluk kecil yang baru terlahir ke dunia, anak-anak masih dalam kondisi yang sangat lemah.


Mereka membutuhkan pertolongan, perlindungan, dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya. Inilah salah satu tugas orang tua terhadap mereka. Dengan hikmah-Nya, Allah menumbuhkan rasa kasih sayang dalam hati orang tua terhadap anak-anaknya. Dengan senang hati orang tua senantiasa berusaha memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani mereka, tanpa perasaan berat sedikit pun.
Hal ini terus berlangsung seiring dengan pertumbuhan mereka. Mereka terus membutuhkan orang tua dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui hal-hal yang bermanfaat kemudian memberikannya kepada mereka, dan hal-hal yang bermudarat kemudian menghindarkannya dari mereka.

Pembaca Qonitah, semoga Allah senantiasa menjaga kita semua, sebagaimana telah disebutkan di atas, kebutuhan anak tidak terbatas pada jasmani saja, tetapi juga mencakup sisi rohani. Bahkan, kebutuhan rohani ini lebih besar daripada kebutuhan jasmani mereka. Jadi, selain menjaga agar perut mereka selalu kenyang, badan mereka selalu hangat dan terlindung dari panas ataupun hujan, kita sangat perlu menjaga kalbu mereka agar senantiasa lurus sesuai dengan fitrahnya. Kita perlu menanamkan aqidah yang benar dalam diri mereka sehingga mereka menjadi manusia yang berpegang teguh pada agama ini.

Hal terpenting lainnya adalah melindungi anak-anak dari pengaruh-pengaruh buruk yang ada di sekitar mereka. Pengaruh buruk tersebut bisa berasal dari sesuatu yang tampak atau bisa dirasakan, seperti udara yang sangat dingin atau sangat panas, gangguan orang jahat, musik, dan sebagainya. Kebanyakan orang tua telah mengetahui hal semacam ini dan berusaha melindungi anak-anak darinya.

Namun, ada pula gangguan yang terkadang tidak disadari oleh orang tua. Inilah yang akan menjadi bahasan kita sekarang, yaitu melindungi anak-anak dari gangguan makhluk-makhluk halus yang tidak tampak oleh kita.

Pembaca yang mulia, tidak diragukan lagi bahwa setan adalah musuh terbesar manusia. Mereka akan selalu berusaha mengganggu manusia selama hidupnya, semenjak terlahir ke dunia sampai menjelang wafatnya. Sekuat apa pun manusia, tetap harus menghindari gangguan setan ini dengan meminta perlindungan kepada Allah darinya.

Dalam firman-Nya yang agung, Allah subhanahu wa ta’ala memerintah kita,

وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ ٱلشَّيۡطَٰنِ نَزۡغٞ فَٱسۡتَعِذۡ بِٱللَّهِۚ إِنَّهُۥ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ٢٠٠

“Dan apabila setan mengganggumu, mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” (al-A’raf: 200)

Dalam ayat yang lain Allah juga berfirman,

وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنۡ هَمَزَٰتِ ٱلشَّيَٰطِينِ ٩٧ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحۡضُرُونِ ٩٨

“Dan katakanlah, ‘Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada-Mu, wahai Rabbku, dari kedatangan mereka kepadaku’.” (al-Mu’minun: 97—98)
Apabila demikian perintah Allah subhanahu wa ta’ala pada manusia yang sudah berakal, bagaimana halnya si kecil kita, yang masih sangat lemah? Tentu saja tugas kita, sebagai orang tua, adalah melindungi dan menjaga mereka.

Bagaimana Melindungi Anak dari Setan

Melindungi anak dari setan bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan tuntunan Rasulullah, yaitu:

1. Mendoakan mereka dengan doa,
أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ
“Aku memintakan perlindungan bagi kalian berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari setiap setan, sengatan binatang, dan dari pandangan mata yang berbahaya.” (Hadits ini dinyatakan shahih oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Misykatul Mashabih no. 1535)

Beliau mendoakan kedua cucu beliau, Hasan dan Husain, dengan doa ini. Beliau juga mengatakan bahwa Nabi Ibrahim pun mendoakan kedua putra beliau, Ismail dan Ishaq, dengan doa ini. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita mesti mengamalkannya. Kita lindungi buah hati kita dengan membacakan doa ini pada waktu pagi dan petang.

2. Menjaga rumah dengan senantiasa berzikir kepada Allah.
Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengabarkan,

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

“Apabila seseorang masuk ke rumahnya dengan berzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala ketika masuk dan ketika hendak makan, berkatalah setan (kepada teman-temannya, -ed.), ‘Tidak ada tempat bermalam dan makan malam bagi kalian.’ Apabila dia masuk tanpa menyebut nama Allah, setan berkata, ‘Kalian mendapat tempat bermalam.’ Apabila dia juga tidak berzikir ketika hendak makan, setan berkata, ‘Kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam’.” (HR. Muslim no. 3762)

3. Menjaga mereka di awal malam.
Rasulullah juga memberi kita tuntunan untuk menjaga diri, anak, dan rumah kita dari setan. Beliau bersabda,

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللهِ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللهِ، وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

“Apabila malam telah datang atau pada waktu sore, tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran ketika itu. Apabila telah berlalu sesaat dari awal malam, biarkanlah mereka. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah (membaca basmalah) karena setan tidak bisa membuka pintu yang ditutup (dengan menyebut nama Allah). Tutuplah tempat minum kalian dan sebutlah nama Allah. Tutuplah bejana-bejana kalian dengan menyebut nama Allah, walaupun dengan membentangkan sesuatu di atasnya, dan padamkanlah lampu-lampu kalian.” (Muttafaqun ‘alaihi)
Mungkin kebanyakan kaum muslimin masih asing dengan adab-adab ini. Tidak sedikit dari mereka yang belum hafal, bahkan belum pernah tahu tentang doa memintakan perlindungan bagi anak-anak tersebut. Banyak pula dari mereka yang keluar masuk rumah pada malam hari dengan ringan tanpa membaca basmalah. Bahkan, terkadang mereka biarkan pintu dan jendela terbuka lebar. Mereka biarkan pula anak-anak bermain, berkeliaran di luar rumah setelah matahari terbenam. Lebih-lebih masalah menutup tempat minum dan bejana dengan menyebut nama Allah. Sungguh, adab-adab ini masih jarang diamalkan oleh kaum muslimin. Allahul musta’an.

Semua ini tidak lain disebabkan kurangnya ilmu mereka tentang teladan-teladan Rasulullah dalam kehidupan. Oleh karena itu, kita berharap agar Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita semua untuk selalu mengamalkan Sunnah Rasulullah dalam segala sisi kehidupan, termasuk dalam hal perlindungan terhadap buah hati kita. Mudah-mudahan mereka tumbuh dengan aman, tanpa tersentuh oleh godaan dan gangguan setan.

Semoga, dengan penjelasan singkat ini, kaum muslimin semakin tahu arti penting perlindungan terhadap anak-anak, lalu mengamalkannya dalam keseharian mereka. Hanya Allahlah yang memberikan petunjuk.

Jangan Sampai PING!!! Di Gunakan Untuk Mengganti Salam

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh artinya "semoga keselamatan, keberkahan, dan kasih sayang (rahmat) dari Allah SWT menyertai Anda/kalian".


Al-Quran menegaskan, selain doa, salam adalah penghormatan.

"Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah "Salam sejahtera dari segala bencana " dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka (QS Al-Ahzab:44).

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menebarkan salam antar sesama Muslim.

Apabila di antara kalian berjumpa dengan saudaranya, maka hendaklah mengucapkan salam kepadanya. Apabila terhalang oleh pohon, dinding, atau batu (besar), kemudian dia berjumpa lagi, maka hendaklah dia mengucapkan salam (lagi).” (HR. Abu Dawud)

Imron bin Husein ra. mengisahkan, ada seorang lelaki datang kepada Rosulullah saw.
dengan mengucap, "Assalamu’alaikum." Setelah menjawabnya, beliau bersabda: "Sepuluh." Kemudian datang lagi orang lainnya dengan mengucap salam, "Assalamu’alaikum m rohmatullaahi." Sesudah menjawabnya, Rosulullah saw. berkata, "Dua puluh." Selang beberapa waktu kemudian, datang orang yang lain lagi seraya mengucapkan salam, "Assalamu’alaikum wa rohmatullaahi m barokatuh." Setelah menjawabnya, Rosulullah saw berkomentar, ’Tiga puluh." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). .

Hadits ini menegaskan kepada kita, bahwa setiap perbuatan baik seperti mengucapkan salam, selalu ada pahalanya. Besar kecilnya pahala yang kita peroleh, tergantung dari seberapa sempurna kita mengerjakannya. Jadi semakin lengkap salam yang kita ucapkan, semakin besar pahala yang kita peroleh.

Jangan sampai PING digunakan untuk menganti salam..
Ucapkanlah salam ketika ingin menyapa saudara, keluarga dan teman-teman melalui smartphone mu

Rabu, 25 Mei 2016

Doa Mengubah yang Mustahil menjadi Mustajab

Do’a adalah pangkal dari segala kebaikan. Ia juga pangkal kemenangan, solusi, hidayah, dan juga taufiq (pertolongan) dalam segala aspek amal Islam, dakwah, tarbiyah, hisbah (ibadah), dan jihad.



Disebabkan oleh do’a Nabi Nuh beserta orang-orang yang beriman bersamanya diselamatkan oleh Allah dan orang-orang kafir ditenggelamkan.

“Maka dia (Nuh) mengadu kepada Rabbnya: “bahwasanya aku ini adalah orang yang dikalahkan, oleh sebab itu menangkanlah (aku).” Maka Kami bukakan pintu-pintu langit dengan (menurunkan) air yang tercurah. Dan Kami jadikan bumi memancarkan mata air-mata air, maka bertemu lah air-air itu untuk suatu urusan yang sungguh telah ditetapkan. Dan Kami angkut Nuh ke atas (bahtera) yang terbuat dari papan dan paku, Yang berlayar dengan pemeliharaan Kami sebagai belasan bagi orang-orang yang diingkari (Nuh).” (Qs. Al-Qamar [54] : 10-14)

Disebabkan oleh do’a pula Nabi Yunus selamat dari perut ikan paus, setelah tiga malam berada di dalam kegelapannya.

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang dzalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (Qs. Al-Anbiyaa’ [21] : 87-88)

Disebabkan oleh do’a kesulitan yang menimpa Nabi Ayyub as. dan diangkat oleh Allah.

“Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Rabbnya: “(Wahai Rabbku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.”
(Qs. Al-Anbiyaa’ [21] : 83-84)

Disebabkan oleh do’a Nabi Musa as. diselamatkan oleh Allah dari Fir’aun dan kaumnya.

“Maka keluarlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, dia berdoa: “Wahai Rabbku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang dzalim itu.” (Qs. Al-Qashash [28] : 21)

Allah juga memberikan taufiq kepada Musa sehubungan dengan dakwahnya kepada Fir’aun dan kaumnya, di samping juga dia meneguhkannya di hadapan mereka. Sungguh posisi Musa pada saat itu benar-benar dalam keadaan yang sulit dan berat. Sampai sejauh mana hal itu, hanya dapat dipahami oleh mereka yang berani menyuarakan kebenaran di mana pun kapanpun.

“Berkata Musa: “Wahai Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku,” (Qs. Thaahaa [20] : 25-26)

Disebabkan oleh do’a Allah menghancurkan dan membinasakan Fir’aun beserta kaumnya, kemudian menguasakan Bani Israil di muka bumi.

“Musa berkata: “Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia, Wahai Rabb Kami – akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan Engkau. Wahai Rabb kami, binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka, maka mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksaan yang pedih.” AlIah berfirman: “Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua, sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus dan janganlah sekali-kali kamu mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengetahui.””(Qs. Yunus [10] : 88-89)

Ya Rasulullah, Jangan Tinggalkan Kami, Bagaimana Hidup Kami Jika Tanpamu? (Merinding Bacanya)

“Suatu hari, Nabi Muhammad SAW mengumpulkan para sahabat ketika sedang sakit dan sebelum wafat. Nabi bersabda, “Siapa di antara kalian yang pernah aku sakiti dan ingin membalas apa yang aku lakukan, sebelum aku dipanggil Allah SWT?".



Semua sahabat diam membisu, tidak ada satu pun yang menyela atau menjawab. Di antara lingkaran sahabat, salah satu yang duduk di belakang mengangkat tangan sambil berkata: "Aku, ya Rasulullah. Ketika aku belum masuk islam, aku berperang melawan engkau, lalu engkau cambuk aku berkali-kali. Aku ingin membalas apa yang Engkau telah lakukan,” katanya.

Mendengar apa yang disampaikan oleh sahabat ini, para sahabat yang lain marah, bahkan sebagian ingin langsung menghabisinya. Umar bin Khattab malah langsung mengeluarkan pedang, namun Rasulullah memberikan tanda untuk tidak melakukannya. "Silakan, sahabatku, apa yang ingin engkau lakukan?”, kata Nabi.
“Bukalah bajumu, ya Rasulullah, waktu engkau cambuk aku, ketika itu aku tidak memakai baju,” katanya.

Mereka yang mendengar hal tersebut, semakin marah dan merasa si sahabat ini sudah keterlaluan. Mereka melihat Nabi sedang sakit dan harus menuruti permintaannya. “Baiklah,” kata Nabi. Maka pelan-pelan Nabi membuka bajunya, terlihat begitu letih karena sakit. Sebagian dari mereka hanya menangis melihat apa lagi yang akan diminta oleh sahabat itu. Ketika baju terlepas dari tubuh Nabi, terpancarlah cahaya yang begitu terang, dan sahabat yang sudah memegang cambuk itu mendekati Sang Nabi sambil berlari memeluknya dan berkata, ”Ya Rasulullah, jangan tinggalkan kami, bagaimana hidup kami tanpamu, aku ingin memeluk Engkau, itulah mengapa aku melakukan ini.” katanya.

Lalu Nabi bersabda: "Engkaulah salah satu penguni surga bersamaku". o
____________________
Ya Rasul, apakah terhadap aku yang berlumur dosa ini, engkau pula akan mengatakan padaku "Engkaulah salah satu penghuni surga bersamaku?"