Selasa, 07 Juni 2016

Tips Untuk Kamu Agar Kuat Puasa Saat Tidak Sahur

Makan sahur merupakan aktifitas yang dilakukan untuk mengawali puasa. Meskipun hukumnya tidak wajib, namun makan sahur sangat dianjurkan. Sebab asupan makanan yang dikonsumsi ketka sahur akan menjadi bekal energi sehari-hari selama puasa.
cara kuat puasa saat tidak sahur


Terkadang ada saja orang yang melewatkan makan sahur karena berbagai alasan. Misalnya karena ketiduran, terlambat bangun atau alasan lainnya. Apalagi bagi mereka yang sibuk pada malam harinya, bisa saja melewatkan waktu sahur karena tidak sempat bangun. Terus bagaimana puasanya? Apakah puasa yang dijalani bisa kuat tanpa makan sahur?

Cara kuat puasa tanpa sahur

Tekadkan niat

Niat adalah awal dari segala perbuatan. Jika puasa diniati dengan kuat, maka puasa yang dijalani juga akan lancar meskipun tidak sempat makan sahur. Jangan jadikan alasan untuk tidak berpuasa ketika Anda lupa sahur. Kuatkan niat dalam hati, ingat, puasa itu hukumnya wajib. Jika niat dalam hati sudah sangat kuat untuk berpuasa, maka segala macam godaan tidak akan menjadi halangan.

Mencari kesibukkan

Menyibukkan diri juga bisa menjadi cara menahan lapar saat puasa. Daripada terus menatap jam sambil menunggu waktu berbuka, lebih baik cari kegiatan positif yang bermanfaat untuk melupakan rasa lapar dan haus yang dialami. Anda bisa mengisi kegiatan menunggu buka puasa dengan memasak, berolahraga atau membersihkan rumah. Akan lebih baik juga jika menyempatkan waktu untuk beribadan lain seperti mengaji.

Jangan lakukan pekerjan berat dulu

Cara agar kuat puasa saat tidak makan sahur yaitu dengan menunda pekerjaan berat terlebih dahulu. Jika pekerjaan tersebut masih memungkinkan untuk dilakukan pada lain hari, lebih baik jangan lakukan ketika Anda tidak makan sahur. Namun untuk jenis pekerjaan yang tidak dapat ditunda, tetap lakukan dengan kadar kemampuan yang dimiliki. Anda juga perlu mengatur jadwal kegiatan, lakukanlah hal-hal ringan yang mampu dilakukan. Sedangkan jenis pekerjaan yang bisa menguras energi, lebih baik lakukan untuk keesokan harinya. Dengan begitu Anda akan tetap kuat meskipun tidak sempat makan sahur.

Mengingat manfaat puasa

Manfaat puasa ramadhan yang begitu berharga bisa Anda dapat jika menjalaninya sebulan penuh. Karena itu, jangan berpikiran akan membatalkan puasa hanya karena tidak sempat makan pada waktu sahur. Setiap rasa lapar dan haus mendera, tetap ingat akan manfaat puasa yang bisa didapat. Cara ini bisa efektif untuk menahan lapar saat puasa.

Cara kuat puasa saat tidak makan sahur bisa Anda coba jika suatu saat tidak sempat makan sahur. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan puasa yang dijalani dapat berjalan lancar.

Sumber : manfaatpuasa.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar